UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

10 min read

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Universitas Tanjungpura atau disebut UNTAN merupakan perguruan tinggi negeri di kota Pontianak, Kalimantan Barat. Awalnya didirikan menggunakan nama Universitas Daya Nasional. Kini memiliki program terbaru dengan predikat UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university dengan kualitas dunia.

Daftar Isi:

Profil Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak

Untan

Universitas Tanjungpura merupakan perguruan tinggi ternama di Pulau Kalimantan. UNTAN sendiri berdiri sejak 20 Mei 1959. Sampai saat ini, sudah memiiki sebanyak 9 fakultas yang terdiri dari 95 program studi, 1011 tenaga pendidik dan jumlah mahasiswa mencapai 30 ribuan serta 66 ribu lulusan.

UNTAN sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi sehingga banyak sekali raihan prestasi yang didapatkan baik dari mahasiswa atau dosen di dalamnya. Dengan pencapaian tersebut, menjadikan Universitas Tanjungpura mempertahankan predikat cukup baik masuk dalam kampus se-Indonesia.

Kemunculan Revolusi Industri 4.0 menjadikan para sektor di seluruh dunia berlomba-lomba meningkatkan kinerjanya, begitu juga sistem pendidikan di Indonesia. Kini Universitas Tanjungpura sedang giat membangun kondisi kampus serba digital yang mengacu kepada cyber university.

Apa Arti Cyber University

Pada era digital kini, semua sektor tidak terkecuali Pendidikan berlomba-lomba menciptakan sistem pembelajaran serba teknologi, salah satunya Universitas Tanjungpura. UNTAN menjadi perguruan tinggi di Pontianak sedang gencar-gencarnya membangun kampus mengarah ke cyber university.

Cyber University sendiri sebelumnya sudah disinggung oleh Mochamad Nasir sebagai Menristekdikti pada jaman itu agar semua sektor Pendidikan lebih siap dalam menghadapi perkembangan teknologi kini. Setelah itu, banyak perguruan tinggi menyiapkan segala upaya untuk mengacu ke cyber university.

Cyber University merupakan upaya dari perguruan tinggi dalam menjadikan berbagai bidang agar berbasis teknologi, mulai dari proses pembelajaran, pelayanan, fasilitas, kurikulum hingga sarana prasarana bagi warga kampus.

Pengelolaan dan Kebijakan UNTAN dalam Membangun Ekosistem Digital

Berbagai upaya dan pemanfaatan teknologi di UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university merupakan pengaplikasian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dua faktor yang sangat berpengaruh dalam pembangunan sektor digital ialah pengelolaan dan kebijakan kampus serta SDM di dalamnya, berikut ulasannya:

UNTAN Meraih Akreditasi A

Berdasarkan BAN PT No 165/SK/BAN-PT-Akred/PT/IV/2019, Universitas Tanjungpura telah mendapatkan akreditasi A untuk pertama kalinya sejak berdiri pada Mei 1959. Pencapaian tersebut sudah melalui banyak proses panjang yang dilakukan oleh kampus.

Raihan tersebut menjadi modal utama agar Universitas Tanjungpura bisa membangun sektor digital mengacu ke cyber university. Akreditasi A merupakan sebuah indikator dimana sebuah kampus bisa dikatakan berkualitas serta kompetitif di era global.

UNTAN Meningkatkan Status dari Satker Menjadi BLU

Pengelolaan bidang keuangan Universitas Tanjungpura telah beruah status menjadi BLU (Badan Layanan Umum). Hal ini menunjukkan bahwa UNTAN bisa memiliki otonomi dalam mengelola urusan internalnya sendiri.

Perubahan status tersebut menjadi tantangan bagi UNTAN untuk memberikan kemampuan baru dalam mengeluarkan kebijakan mengatur pengelolaan administrasi serta sumber daya di dalamnya. Hal ini menjadi peluang besar mewujudkan Universitas Tanjungpura menjadi cyber university.

UNTAN Menerima Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik

Dalam acara penganugerahaan pada bidang keterbukaan informasi publik, Universitas Tanjungpura telah meraih juara kedua. Peraihan ini juga menjadi peluang bagi UNTAN untuk mencapai cyber university yang sedang dikembangkan.

Penghargaan keterbukaan informasi terhadap publik tersebut menunjukkan bahwa masyarakat bisa mengakses info mengenai Universitas Tanjungpura dengan mudah. Sudah jelas bahwa akses tersebut didapat melalui salah satu teknologi yaitu berbasis internet.

UNTAN Mengeluarkan Kebijakan Pendukung Ekosistem Digital

Beberapa kebijakan baru menggunakan teknologi sedang dikembangkan oleh Universitas Tanjungpura yang pastinya mudah diakses bagi tenaga pendidik maupun mahasiswa di dalamnya. Hal ini sangatlah positif bagi UNTAN demi mewujudkan sistem cyber university.

Salah satu contohnya yaitu, penggunaan siakad bagi mahasiswa dalam mengisi LIRS, yaitu program yang harus diisi untuk rencana studi pada semester depan. Selain itu berbagai pengumuman juga dapat diakses secara mudah di laman resmi kampus Universitas Tanjungpura.

UNTAN Menjadi Kampus Terbaik Kalimantan

Sejak 2017, Universitas Tanjungpura berhasil mempertahankan predikat menjadi perguruan tinggi terbaik di Pulau Kalimantan. Hal ini diperoleh dari pemeringkatan oleh Kemristekdikti tiga tahun yang lalu.

Tahun 2017, Universitas Tanjungpura berhasil meraih urutan ke-42 dalam 100 perguruan tinggi baik negeri dan swasta di seluruh Indonesia. UNTAN bisa menjadi kampus non-vokasi terbaik di Kalimantan pada 2018 serta 2019 masuk ke dalam 100 pendidikan non-vokasi terbaik di Indonesia.

Peringkat UNTAN di Webometrics

Webometrics sendiri merupakan perangkat website dalam mengukur kemajuan suatu perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Berdasarkan urutan tersebut, sejak tahun 2016 sampai sekarang UNTAN berhasil mempertahankan posisi paling rendah yaitu ke-40 se-Indonesia.

Pencapaian tersebut menjadi peluang besar bagi UNTAN dalam mengembangkan menjadi cyber university, sebab webometrics menjadi indikasi penggunaan teknologi pada masa sekarang. Selain itu, pada tahun 2018, kampus ini erhasil meraih prestasi membanggakan dalam lomba menulis blog.

Manajemen Daya Manusia UNTAN dalam Membangun Ekosistem Digital

Selain pencapaian dalam bidang pengelolaan dan teknologinya, UNTAN tidak lupa dalam mengembangkan yang paling penting yaitu, sumber daya manusianya. Sebab faktor ini menjadi kunci utama dalam keberhasilan mewujudkan icyber university. Simak berikut beberapa pengelolaannya:

UNTAN Mendirikan IBT (Inkubator Bisnis Teknologi)

IBT ini merupakan salah satu lembaga yang didirikan langsung oleh para mahasiswa atau alumni Universitas Tanjungpura. Tujuan utama didirikannya ialah memberikan pendampingan bagi penemuan-penemuan berbasis teknologi. Sangat kreatif, bukan?

Lembaga IBT ini akan memberikan pendampingan serta pelayanan yang difokuskan pada bidang teknologi dalam segi kewirausahaan, fasilitas pemasaran, akses pendanaan serta manajemen pengelolaan di dalam lingkup Universitas Tanjungpura.

Mahasiswa UNTAN Menoreh Prestasi di Perlombaan Bidang Teknologi

Ternyata program baru yang diluncurkan oleh perguruan tinggi Universitas Tanjungpura didukung oleh prestasi mahasiswanya dalam meraih banyak penghargaan di perlombaan khususnya bidang teknologi. Hal ini menunjukkan bahwa cyber university mampu pelan pelan dicapai oleh UNTAN.

Contoh pertama yaitu dari FISIP bernama Haris disebut menjadi wisudawan start up sebab usahanya bisa mencapai omset hingga 40 juta per tahunnya. Mahasiswa berprestasi kedua yaitu berasal dari Fakultas Teknik, Vivi yang meraih juara ke-3 dalam kejuaraan Indonesia NEXT pada tahun 2018.

Peningkatan Kualitas Tenaga Pendidik di UNTAN

Saat ini dosen di Universitas Tanjungpura dituntut untuk “melek” teknologi sehingga memaksimalkan proses pembelajaran dengan memanfaatkan berkembangnya dunia digital. Hal ini diwujudkan demi mencapai program cyber university.

Beberapa penggunaan teknologi yang hanya bisa diakses bagi dosen ialah pemanfaatan e-learning, Siakad Dosen, penilaian serta evaluasi kinerja dosen oleh mahasiswa saat akhir semester, hingga aktivasi Sinta dalam meningkatkan kuantitas serta kualitas jurnal penelitian.

UNTAN Memiliki Program Studi yang Mendukung Cyber University

Beberapa program studi yang dimiliki oleh Universitas Tanjungpura bisa dioptimalkan dengan baik demi terwujudnya cyber university mulai dari jurusan Teknologi Pendidikan, Sistem Komputer, Teknik Informasi dan Sistem Informasi.

Dukungan dari tenaga pendidik serta mahasiswa di dalamnya sangat besar pengaruhnya terhadap UNTAN. Harapannya alumni keluaran program studi tersebut bisa mengoptimalkan upaya Universitas Tanjungpura demi membangun ekosistem digital dan meraih cyber university.

UNTAN Mengembangkan Teknologi dalam Berbagai Kebijakan

UNTAN telah berhasil menerapkan teknologi dalam berbagai sistem kebijakan yang diterapkan. Mulai dari sistem pembelajaran, penerimaan mahasiswa baru, informasi kemahasiswaan serta alumni dan beberapa aplikasi keluaran Universitas Tanjungpura sendiri.

Beberapa komponen teknologi seperi aplikasi, jaringan dan perangkat sudah mulai digunakan oleh Universitas Tanjungpura dalam menjalankan berbagai kebijakan dan programnya. Hal ini menunjukkan bahwa UNTAN benar-benar serius dalam mengupayakan lingkungan kampus berbasis digital.

Pengembangan Sarana Prasarana oleh UNTAN Terutama Teknologi Digital

Dalam mencapai cyber university maka UNTAN harus mengembangkan beberapa sektor di dalam kampus terutama pemanfaatan teknologi digital. Hal ini perlu diperhatikan secara teliti agar Universitas Tanjungpura bisa mewujudkannya. Berikut ulasannya:

Bidang Pemrograman

Bidang pemrograman sangatlah erat dengan teknologi digital. Oleh karena itu, pengembangan yang berfokus pada bagian ini haruslah dimaksimalkan agar tercapainya cyber university oleh perguruan tinggi Universitas Tanjungpura.

Beberapa komponen di dalam bidang ini yang ikut dikembangkan ialah pemahaman dasar pemrograman, bahasa dan istilah dunia pemrograman, ketrampilan merancang serta pembuatan aplikasi baik berbasis web maupun desktop.

Multimedia

Penggunaan bidang multimedia seperti kemampuan dalam mengoperasikan komputer, laptop dan perangkat lainnya perlu dikuasai oleh sumber daya manusia di dalam Universitas Tanjungpura sebab hal ini sangat mempengaruhi berhasil tidaknya suatu proses pembelajaran berbasis digital.

Beberapa kemampuan dasar seperti menggunakan Microsoft Excel, Word, Powerpoint dan software basic lainnya harus dikuasai benar. Selain itu, ketrampilan dalam menggunakan komputer untuk menyajikan serta menggabungkan teks, gambar, suara juga perlu menjadi hal umum.

Jaringan Komputer

Berbagai macam program studi di dalam Uniersitas Tanjungpura memang mendukung terwujudnya cyber university, salah satunya yaitu Sistem Informasi. Jurusan ini akan memberikan sebuah mata kuliah dasar berupa jaringan komputer bagi mahasiswanya.

Mata kuliah jaringan komputer akan memberikan pemahaman berbagai macam topologi dan media serta instalasi jaringan komputer. Selain itu mahasiswa dibekali ketramplan dalam merancang, memanfaatkan dan menggunakan struktur jaringan.

UNTAN Telah Memanfaatkan Teknologi dalam Proses Pembelajaran

Universitas Tanjungpura yang sedang mengusahakan agar memaksimalkan penggunaan teknologi di dalamnya juga sudah dilaksanakan pada proses pembelajaran. Banyak pemanfaatan aplikasi dalam mendukung sistem Pendidikan di UNTAN, simak ulasannya berikut:

UNTAN Memaksimalkan Kegiatan e-Learning

Meskipun belum semua tenaga pendidik sudah melaksanakanya, namun sedikit demi sedikit proses pembelajaran telah dilakukan serba digital. Perkuliahan yang biasanya dilaksanakan dengan cara tatap muka langsung berubah ke ranah online.

Contohnya penggunaan Google Classroom sebagai media perkuliahan sudah digunakan oleh dosen dan mahasiswa di Universitas Tanjungpura. Rektor UNTAN mengharapkan daring seperti ini dikembangkan baik sehingga menjadi pengganti saat metode konvensional tidak bisa dilaksanakan.

UNTAN Meningkatkan Perbaikan Sistem Rencana Studi

Sistem KRS yang wajib dilakukan oleh mahasiswa di awal semester senantiasa dikembangkan agar bisa lebih mudah dan maksimal saat digunakan. LIRS (Lembar Isian Rencana Studi) di Universitas Tanjungpura memaksimalkan kontrol online bagi dosen serta mahasiswa.

Dosen juga bisa mengaksesnya ketika membutuhkan media digital sebagai layanan bimbingan, melakukan penilaian akademik, serta kegiatan monitoring kepada mahasiswa. Perkembangan sistem seperti ini menunjukkan bahwa UNTAN gentar dalam mewujudkan kampus cyber university.

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SCMB) di UNTAN

Sistem ini diperuntukkan bagi camaba untuk mendaftarkan dirinya yang dapat diakses secara online. Berbagai persyaratan, informasi pendaftaran hingga jadwal-jadwal penting bisa dilihat dengan mudah di laman https://scmb.untan.ac.id/.

Portal tersebut memuat keseluruhan informasi yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru. Camaba akan sangat terbantu dengan adanya laman ini sebab tidak membutuhkan mengunjungi langsung ke kampus untuk melihat pengumuman.

Sistem Informasi Bagi Mahasiswa dan Alumni UNTAN

Layanan ini bernama SIMALUM yang ditujukan bagi alumni untuk mengakses segala informasi tentang UNTAN. Selain itu, wisudawan juga bisa melihat kuota pendaftaran wisuda sehingga bisa segera mendaftarkan dirinya sebelum jumlah terpenuhi.

SIMALUM tersebut sangat bermanfaat bagi alumni mendapatkan berita dan pengumuman update tentang Universitas Tanjungpura yang berkaitan dengan sistem kelulusan sehingga bisa diakses secara online.

Munculnya Aplikasi Android oleh UNTAN

UNTAN telah mengeluarkan beberapa aplikasi untuk memudahkan sarana prasarana yang berjalan di dalam kampus. Salah satunya yaitu salah satu layanan bagi orang tua yang bisa memantau perkembangan proses akasemik para mahasiswa.

Selain itu juga terdapat aplikasi PPID yang dibuat untuk menyediakan informasi bagi kebutuhan publik. Beberapa perkembangan tersebut menunjukkan bahwa UNTAN telah mengaplikasikan berbagai teknologi dalam melakukan kebijakannya.

Presensi Online bagi Dosen dan Mahasiswa UNTAN

Presensi online sudah banyak diterapkan oleh banyak kampus di Indonesia, begitu juga oleh Universitas Tanjungpura. Hal ini didapati bisa meningkatkan penggunaan teknologi dalam sistem Pendidikan dalam negeri.

Presensi UNTAN online ini terhubung langsung dengan Siakad sehingga dosen dan mahasiswa hanya perlu melakukan log in menggunakan akunnya. Caranya cukup mudah sehingga tidak menyulitkan bagi penggunanya.

Layanan Cyber University bagi Mahasiswa UNTAN

Dalam memaksimalkan proses pembelajaran serta kegiatan perkuliahan, UNTAN menyediakan berbagai layanan khusus yang hanya bisa diakses bagi mahasiswanya. Hal-hal seperti ini sedang dikembangkan baik oleh Universitas Tanjungpura dalam mewujudkan lingkungan cyber university. Berikut ulasannya:

SIAKAD UNTAN Khusus Mahasiswa

Kini semua kampus sudah menggunakan sistem online seperti ini agar memudahkan mahasiswanya. Begitu pun universitas kebanggaan Pontianak ini, telah mengeluarkan SIAKAD agar bisa mengakses seluruh informasi di dalamnya.

SIAKAD bisa digunakan mahasiswa dalam menyusun rencana studi pada semester depan, registrasi atau input data terbaru, mengurus pembayaran kuliah, melihat hasil nilai akademik serta mencakup indeks prestasi yang sudah dijalani.

E-Learning bagi Mahasiswa UNTAN

Dalam mewujudkan berlakunya cyber university, UNTAN membuat sebuah portal aplikasi sebagai media dalam membantu perkuliahan secara online. Mahasiswa bisa mengaksesnya hanya dengan melakukan log in menggunakan NIM beserta password.

Sistem telah terpogram secara otomatis sehingga terhubung dengan mata kuliah setiap akun mahasiswa. Setelah melakukan log in, para dosen bisa mengatur jadwal berbagai kelas sesuai yang diambil.

Portal Khusus bagi Mahasiswa UNTAN Akses Jurnal Ilmiah

Layanan ini berfungsi untuk megakses beberapa jurnal yang sudah dibuat oleh mahasiswa maupun alumni Universitas Tanjungpura sendiri. Selain mendapatkan akses mengunduh, mereka juga bisa mengunggah hasil penelitiannya di sini.

Jurnal disediakan dalam dua bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris. Layanan ini memang dikhususkan bagi mahasiswa yang ingin mengunggah hasil tugas perkuliahannya dahulu sehingga mereka tidak akan kehilangan file atau dokumen hasil penelitian.

e-Library Bagi Mahasiswa UNTAN

Elibrary atau disebut dengan repository online disediakan oleh UNTAN agar mahasiswanya bisa mengakses segala jenis buku dalam bentuk pdf atau e-book selama memiliki jaringan internet. Layanan ini sangat memudahkan sehingga tidak perlu pergi ke perpustakaan kampus.

Mahasiswa juga tidak akan kesulitan saat mencari judul buku yang dicarinya. Mereka bisa memasukkan keyword dari penulis dan judul. Di elibrary UNTAN ini terdapat fitur untuk melihat rekam jejak pengunjung perpustakaan.

Layanan Cyber University bagi Mahasiswa UNTAN

Berbagai layanan berbasis digital ternyata tidak hanya digunakan bagi mahasiswa, dosen pun ikut mengambil andil dalam mewujudkan Universitas Tanjungpura sebagai cyber university. Berikut beberapa contohnya:

SIAKAD UNTAN Khusus Dosen

Fungsi SIAKAD bagi dosen dan mahasiswa pun jelas berbeda. Keduanya hanya bisa mengakses sesuai dengan peran masing-masing. Sebagai tenaga pengajar yang akan mendampingi semua proses pembelajaran, layanan ini sangat membantu apabila kelas tatap muka tidak bisa dilaksanakan.

Lewat SIAKAD, dosen bisa memantau proses perkembangan dari setiap mahasiswa melalui absensi hingga nilai akademik. Selain itu, mereka juga bisa melihat jadwal mengajar dan beberapa materi perkuliahan sehingga bisa membantu dalam aktivitas pembelajaran secara digital.

ELearning bagi Mahasiswa UNTAN

Sistem perkuliahan online tidak bisa dilakukan jika tanpa peran dosen dan mahasiswa. Sebagai pengajar, mereka akan membimbing dan mendampingi bagaimana jalannya suatu kegiatan pembelajaran, mulai dari informasi jadwal kelas hingga membagikan modul atau e-book.

Tidak hanya itu, dosen juga bisa memantau kegiatan mahasiswa mulai dari absensi, informasi jadwal kelas, topik materi yang akan dipelajari, berapa SKS suatu mata kuliah sampai jumlah pertemuan dalam satu semester. Hal ini sangat mendukung terwujudnya UNTAN sebagai cyber university.

Portal Khusus bagi Mahasiswa UNTAN Akses Jurnal Ilmiah

Dosen yang telah mengalami kenaikan jabatan, jenjang, melakukan penelitian ilmiah wajib melaksanakan publikasi update terbaru mengenai hal tersebut di akun pribadinya. Hal ini merujuk dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Peraturan Nomor 92 Tahun 2014.

Dosen Universitas Tanjungpura pun demikian, harus melakukan pengunggahan jurnal penelitian secara online sehingga bisa dijadikan sumber referensi bagi mahasiswanya. Secara tidak langsung, kemudahan dalam mengaksesnya sangat membantu proses pembelajaran berlangsung.

Layanan Cyber University Kampus UNTAN bagi Kepentingan Umum

Tidak hanya warga di dalam UNTAN saja yang bisa mengakses berbagai layanan berbasis digital. Nyatanya, pihak kampus Universitas Tanjungpura menyediakan berbagai aplikasi serta website yang dapat digunakan secara mudah bagi kepentingan umum:

Berita Online UNTAN bagi Warga Umum

Warga umum tidak diharuskan melakukan log in untuk bisa mengaksesnya. Mereka dapat melihat berbagai pengumuman terbaru, update pencapaian prestasi bahkan sejarah berdirinya UNTAN secara mudah, bahkan ini dapat diakses oleh orang-orang di luar Universitas Tanjungpura.

Pelayanan berita online ini menyajikan informasi berupa prestasi dosen dan mahasiswa, pengumuman kampus, jadwal agenda yang akan dilakukan serta ulasan dari alumni lulusan kampus tersebut. Hal tersebut bisa membuat para pengunjung mendapatkan info yang bermanfaat setelah membacanya.

E-library UNTAN bagi Warga Umum

Ternyata layanan library online tidak hanya bisa digunakan oleh warga di dalam kampus saja. Nyatanya, pengguna di luar UNTAN juga dapat dengan mudah mengaksesnya secara gratis. Pada halaman utama, mereka cukup mengetikkan beberapa keyword untuk menemukan buku yang dicari.

Selain itu, terdapat aturan dan tata cara menggunakan fasilitas e-library UNTAN bagi pengguna baik dari dosen, mahasiswa serta warga umum. Biasanya jika menginginkan untuk meminjam akan disediakan registrasi dengan mengisi formulir online.

UPT (Unit Pelaksana Teknis) Bahasa UNTAN

Pada halaman website UNTAN, pengunjung bisa mengakses berbagai informasi, salah satunya pelayanan dalam pelatihan bahasa asing. Fasilitas ini dapat digunakan oleh masyarakat umum di sekitar Universitas Tanjungpura.

Beberapa bahasa diajarkan mulai dari Arab, Jepang, Jerman dan Korea. Saat ini juga mulai dikembangkan penambahan fitur BIPA, Kedai Prancis, BCLC dan America Corner. Pada fasilitas tersebut disediakan informasi terkini mengenai pelatihan dan tes di dalamnya.

Pengawasan Cyber University Demi Sistem Keamanan UNTAN

Fasilitas ini menyediakan pelayanan bagi warganya untuk melakukan pengaduan, pelaporan dan gratifikasi. Pengawasan tersebut akan memberikan pengadu sebuah formulir kemudian diisi mengenai laporan adanya tindakan melanggar aturan serta hukum yang berlaku.

Misalnya, jika mengetahui kinerja pejabat atau pegawai internal kampus yang diduga melenceng, hal ini bisa diadukan langsung melalui sistem pengawasan tersebut. Fasilitas di dalamnya memungkinkan untuk lebih terbukanya warga kampus dalam melapor adanya tindak kriminalitas.

Start Up Keluaran UNTAN Mendukung Terwujudnya Cyber University

Lembaga IBT yang sudah disinggung di atas ternyata sudah menghasilkan banyak start up binaannya. Fokusnya dalam mendampingi terciptanya ide inovasi berbagai aplikasi yang berbuah maksimal. Simak beberapa contohnya berikut:

Angkuts (Angkut Sampah)

Aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2016, berfokus pada pengelolaan sampah di kota Pontianak dan sudah bekerja sama dengan Pemerintah Kota. Walikota telah memberikan himbauan kepada seluruh ASN agar menggunakan temuan aplikasi tersebut untuk mempermudah pekerjaan.

Hasil karya dari Hafiz Waliyuddin itu telah berhasil meraih penghargaan The Most Favorite Application pada perlombaan The Next Dev 2016. Selain itu, banyak sekali perusahaan bersar yang menggunakan aplikasi ini, di antaranya Bank Indonesia, ITCS, Yamaha Kalimantan Barat dan lainnya.

id

Aplikasi berkahbarang.id berfokus pada penyaluran peralatan sekolah, seperti buku dan alat tulis lalu dikumpulkan kepada donatur dan ditujukan ke beberapa daerah perbatasan bahkan tertinggal. Areanya sudah meluas hingga Kalimantan Barat namun akan diperluas hingga ujung Indonesia.

Start up karya Ryan Oktafiandi ini muncul karena sebuah diskusi ringan yang membahas keterbatasan anak-anak di daerah Bengkayang dalam memperoleh akses pendidikan. Hal ini menjadi pencetus ide dibuatkannya sebuah aplikasi berkahbarang.id sehingga memudahkan orang-orang dalam berdonasi.

Pontinesia

Pontinesia hasil karya mahasiswa Universitas Tanjungpura ini sekarang menjadi kebanggaan bagi warga Pontianak sebab menyediakan informasi ter-update dan menarik sekitar Kalimantan Barat. Sudah banyak pembaca yang mengunjungi laman tersebut.

Pontinesia menjadi salah satu media bagi mahasiswa UNTAN dalam mendokumentasikan berbagai kejadian menarik di Pontianak yang dikemas menggunakan teknik foto handal serta berkualitas. Anda bisa mengunjunginya lewat https://pontinesia.com atau https://www.instagram.com/pontinesia/.

Rumah Uppo

Hasil karya start up selanjutnya oleh mahasiswa Universitas Tanjungpura ialah Rumah Uppo. Aplikasi ini berfokus pada pengelolaan dan pengolahan limbah yang ada di sekitar Kalimantan Barat. Targetnya, temuan ini bisa menjadi bisnis tekonologi maju serta unggul pada tahun 2022.

Hasil karya Reno Pati ini diharapkan bisa memberikan inovasi-inovasi bagi mereka yang masih susah dalam mengakses teknologi, khususnya para tenaga pertanian. Salah satunya yaitu usaha dalam mewujudkan pupuk ramah lingkungan dan pemberdayaan masyarakat untuk mengelola sampah.

Itulah penjelasan mengenai perguruan tinggi ternama di Pontianak yang sedang gencar mewujudkan program UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university. Kunjungi situs resmi https://www.untan.ac.id untuk melihat seluruh informasi seputar Universitas Tanjungpura.