Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20 FE

2 min read

Republikseo – Sejak kemunculan seri Samsung Galaxy S20 di tahun 2020, banyak penggemar yang memberikan reaksi berbeda. Ada yang kaget, ada juga yang merasa ponsel ini terlalu mahal. Nah, kini hadir Samsung Galaxy S20 FE dengan harga yang lebih murah.

Produk ini ditujukan khusus untuk para penggemar, sehingga fitur-fitur yang dimilikinya sangat dibutuhkan oleh para penggemar HP merek Korea Selatan ini. Nah, karena harganya yang murah, tentunya ada beberapa fitur diskon. Apakah Samsung Galaxy S20 FE AKA Fans Edition ini cocok untuk Anda? Yuk, simak kelebihan dan kekurangannya di bawah ini!

Keunggulan Samsung Galaxy S20 FE

Ponsel flagship besutan Samsung ini memiliki beberapa keunggulan di sebagian besar pengaturannya. Beberapa kelebihan Samsung Galaxy S20 FE bisa Anda lihat di bawah ini.

1. Layar Super AMOLED Terang

Sebagai salah satu ponsel flagship yang dipuja Samsung, Galaxy S20 FE menghadirkan tampilan yang berkualitas tentunya. Ya, Anda akan benar-benar merasakan layar yang tajam dan cerah berkat hadirnya panel Super AMOLED berukuran 6,5 inci dengan resolusi Full HD+.

Tampilan rasio aspek 20:9 ini juga bersertifikat HDR10+, mampu memberikan rentang dinamis yang optimal dan tingkat kecerahan layar yang baik. Baik di dalam maupun di luar ruangan, terik matahari tidak mengganggu visibilitas layar.

Menurut informasi dari GSM Arena, tingkat kecerahan layar Galaxy S20 FE juga sedikit lebih baik dibandingkan Galaxy S20 Plus, baik dalam mode manual maupun mode otomatis. Sementara Galaxy S20 Plus memiliki tingkat kecerahan 379 nits dalam mode manual, Galaxy S20 FE berada di atas 404 nits.

Begitu juga saat auto-brightness menyala, Galaxy S20 FE bisa mencapai level 823 nits, lebih tinggi dari varian Plus yang hanya mencapai 797 nits.

2. Memiliki peringkat IP68

Bagi Anda yang sering tidak sengaja menjatuhkan ponsel ke dalam genangan air, sertifikasi IP Samsung Galaxy S20 FE akan memberikan ketenangan pikiran sehingga Anda tidak perlu khawatir ponsel Anda akan rusak. Juga, karena peringkat IP-nya adalah yang tertinggi di industri ponsel, yaitu IP68.

Artinya ponsel Anda akan terlindungi sepenuhnya dari debu dan air, sehingga melindungi komponen ponsel dari kerusakan langsung saat terendam air hingga kedalaman 1,5 meter. Indeks IP ini juga ada di seri Galaxy S20 lainnya dan perlu Anda ketahui bahwa indeks ini juga dilakukan pada Galaxy S20 FE.

3. Kecepatan refresh 120Hz

Apakah Anda ingin pengalaman visual yang maksimal? Aktifkan saja mode high refresh rate di Samsung Galaxy S20 FE. Ya, sekali lagi, inilah kelebihan yang juga hadir di varian Galaxy S20 yang murah ini.

Dengan mengandalkan refresh rate yang juga dikenal dengan refresh rate 120Hz, semua gerakan yang terjadi di layar kini akan menjadi dua kali lebih cepat dan mulus. Mata pengguna akan terasa dimanjakan dan performa game juga akan meningkat dalam hal responsiveness.

Menariknya, kecepatan refresh 120Hz ini tidak adaptif, jadi Anda tidak perlu khawatir perangkat tiba-tiba menurunkan kecepatan refresh ini saat mode 120Hz aktif.

Kekurangan Samsung Galaxy S20 FE

Selain berbagai keunggulan di atas, Samsung Galaxy S20 FE ternyata tak luput dari beberapa kekurangan. Cukup wajar mengingat harga yang lebih murah. Nah, itulah beberapa kekurangannya berikut ini.

1. Haya menggunakan casan 15W

Meski sebelumnya dikabarkan Galaxy S20 FE hadir dengan fast charging 25W, nyatanya perangkat ini hanya hadir dengan charger 15W.

Hal ini bisa dilakukan Samsung dengan tujuan memangkas harga, mengingat ponsel ini lebih murah meski menawarkan spesifikasi sebelas dan dua belas dengan seri Galaxy S20 lainnya.

2. Desain bodi non-premium

Yang menjadi tren di banyak ponsel andalan adalah desain bodi yang ramping. Namun sayangnya Galaxy S20 FE tidak bisa memberikan kesan stylish pada desain bodinya. Hal ini terlihat pada bezel di bagian depan yang cukup tebal. Ukuran bezel cukup luar biasa dibandingkan dengan ponsel seri Galaxy S20 lainnya.

Hal lainnya adalah bentuk sisi layar yang terlihat datar meski kebanyakan ponsel flagship memiliki layar melengkung. Selain itu, dari segi material, Galaxy S20 hanya terbuat dari plastik polikarbonat, yang paling banyak ditemukan di ponsel entry-level. Sedangkan saudara lainnya menggunakan bahan kaca yang lebih estetis dan anti gores.

Sumber : Berita Teknologi Terbaru