Cara Daftar SMS Banking Mandiri

7 min read

Cara Daftar SMS Banking Mandiri

Tuntutan hidup menjadikan setiap orang sepertinya wajib untuk memiliki rekening masing-masing untuk memudahkan berbagai aktifitas. Ponsel, rekening bank dan koneksi internet adalah beberapa hal yang menjadi seharusan bagi tiap individu dewasa dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti memiliki rekening untuk membayar biaya sekolah, terima gaji bahkan sampai mengisi uang elektronik untuk membayar tol atau sekedar untuk parkir. Berlahan-lahan penggunaan uang tunai semakin ditinggalkan dan penggunaan mobile banking semakin diperlukan.

Layanan Bank Melalui Mobile Banking

Sekarang sudah banyak sekali bank yang bertebaran di seluruh Indonesia, mulai dari bank swasta sampai bank negeri, mulai dari bank dalam negeri sampai bank luar negeri. Banyaknya perusahaan dibidang keuangan khususnya bank menjadi salah satu bukti kalau betapa pentingnya Anda untuk memanfaatkan fasilitas keuangan untuk memudahkan hidup Anda.

Selain pembuatan rekening, banyak sekali penawaran yang ditawarkan oleh bank itu sendiri untuk memudahkan Anda. Mulai dari jenis tabungan yang sangat beragam, model peminjaman yang sangat banyak pilihannya, sampai dengan fitur-fitur tambahan yang diberikan oleh bank yang gunanya untuk memudahkan transaksi Anda. Macam-macam fitur tambahan tersebut seperti mobile banking, SMS banking, sampai dengan internet banking.

Pada pembahasan kali ini akan mengulas mengenai salah satu fitur dari bank yang sudah banyak digunakan oleh para nasabah yaitu SMS Banking. Setiap bank memiliki nama tersendiri untuk fitur pelayanan mereka yang satu ini. Bagi nasaban bank Mandiri, fitur SMS Banking diberikan dengan nama Mandiri SMS. Sekarang kita akan membahas mengenai layanan Mandiri SMS yang sudah banyak orang gunakan.

Persyaratan Daftar Layanan SMS Banking Mandiri

Persyaratan Daftar Layanan SMS Banking Mandiri

Layanan SMS Banking Mandiri merupakah salah satu layanan yang diberikan oleh bank Mandiri untuk memudahkan para nasabah dalam melakukan transaksi perbankan elektronik untuk mengakses rekening nasabah dengan menggunakan media ponsel atau handphone. Jika Anda ingin menggunakan layanan yang satu ini tentu saja terdapat beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi seperti :

  1. Nasabah bank mandiri dan memiliki rekening bank Mandiri atas nama pribadi dalam bentuk giro atau tabungan.
  2. Pelanggan tetap operator GSM seperti Telkomsel, Indosat, dan XL. Selain itu, jika Anda menggunakan operator CDMA seperti Flexi, Fren, dan Esia.
  3. Mempunyai handphone GSM/CDMA.
  4. Menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan layanan Mandiri SMS yang ada pada form aplikasi Mandiri SMS.
  5. Untuk pendaftaran di ATM, harus memiliki kartu ATM Mandiri. Untuk pendaftaran di cabang harus menunjukkan bukti identitas diri (KTP,SIM,Paspor,KIMS) dan bukti kepemilikan rekening (Buku Tabungan, kartu ATM Mandiri).

Banyak sekali transaksi yang bisa Anda lakukan jika memanfaatkan fitur layanan Mandiri SMS Banking seperti transaksi non finansial seperti cek saldo atau cek lima mutasi rekening. Lalu Anda bisa juga melakukan transaksi finansial seperti transfer, pembelian, pembayaran.

Cara Daftar Layanan SMSM Banking

Cara Daftar Layanan SMSM Banking

Jika Anda ingin memperoleh layanan Mandiri SMS Banking sangat mudah, yaitu caranya hanya dengan melakukan pendaftaran. Hal ini dapat dilakukan langsung melalui cabang atau kantor pusat Bank Mandiri terdekat, melalui ATM atau SMS melalui ponsel Anda.

Tentu pendaftaran juga dilakukan dengan memenuhi semua persyaratannya terlebih dahulu. Tiap cara mendaftar disusun agar memudahkan nasabahnya. Bila tidak sempat ke Bank untuk mendaftar maka datangi ATM terdekat dan ikuti instruksi yang ada.

Bila Anda termasuk nasabah yang  khawatir membuat kesalahan dalam mengikuti cara daftar lewat SMS atau melalui ATM maka mendatang Bank dan meminta bantuan costumer service adalah cara terbaik.

Setelah mendaftar baik dari ATM atau melalui SMS, nasabah juga harus datang ke Bank untuk melakukan aktifasi. Intinya pihak Bank perlu secara langsung mengkonfirmasi pendaftaran nasabah benar sesuai dengan keinginan pemegang rekeningnya.

Berikut adalah penjelasan cara mendaftar untuk layanan SMS Banking Mandiri melalui cara-cara tersebut di atas. Lakukan pendaftaran yang menurut Anda paling mudah untuk diikuti.

Cara Daftar Melalui SMS

Jika ingin bertransaksi menggunakan Mandiri SMS Banking. Cara pertama yang bisa dicoba adalah menghubungi pihak Mandiri melalui SMS. Layanan yang disebut dengan KETIK SMS merupakan cara bertransaksi yang dimana nasabah harus mengetikkan format perintah Mandiri SMS pada menu SMS di ponsel dengan cara sebagai berikut

  1. Pertama KETIK SMS atau PILIH MENU.
  2. Kirim ke nomor 3355.

Cara transaksi ini bisa Anda gunakan untuk pelanggan nomor telepon GSM atau CDMA. Pemilik ponsel kemudian tinggal menunggu nomor PIN yang akan dikirimkan oleh pihak Bank Mandiri melalui SMS. Nomor PIN tersebutlah yang akan digunakan sebagai kunci dalam menggunakan semua layanan SMS Banking Mandiri

Cara Daftar Ke Kantor Cabang atau Kantor Pusat Bank

Cara Daftar Ke Kantor Cabang atau Kantor Pusat Bank

Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh nasabah pada saat pendaftaran awal Mandiri SMS. Jika Anda mendaftar melalui Cabang Bank Mandiri terdekat maka ada beberapa hal yang perlu disiapkan.

  1. Mengisi formulir aplikasi Mandiri SMS Banking
  2. Menunjukkan bukti diri seperti identitas diri (KTP/SIM/Paspor)
  3. Membawa Buku Tabungan, dan Kartu ATM.

Anda cukup membawa persyaratan tersebut ke bagian Costumer Service dan akan dilayanan serta dibantu. Bahkan Bagian Costumer Service akan dapat membantu Anda untuk melakukan aktivasi layanan SMS Banking.

Jika Anda mendaftar melalui cabang bank mandiri terdekat, maka layanan akan aktif setelah nasabah menerima SMS dari 3355 yang berisi info mengenai PIN Mandiri SMS. Bila setelah beberapa lama dan SMS konfirmasi tidak diterima, maka Anda dapat menelpon layanan Mandiri Call atau mendatangi Bank Mandiri untuk memastikan bahwa pendaftaran Anda sudah tercatat atau tidak.

Cara Daftar melalui ATM BANK Mandiri

Jika Anda mendaftar melalui ATM Bank Mandiri maka Anda dapat menggunakan kartu ATM Mandiri atas nama pribadi yang nasabah gunakan. Pastikan kondisi di mesin ATM tidak ramai karena nasabah perlu mendaftar dengan santai dan tidak terburu-buru. Bila terlalu banyak antrian, pindah dan cari mesin ATM yang agak longgar. Berikut adalah tata caranya.

  1. Masukkan Kartu ATM
  2. Isi empat digit PIN Kartu ATM
  3. Pilih menu Registrasi e-Banking
  4. Pilih Pendaftaran Awal
  5. Masukkan nomor Handphone
  6. Selesai

Lama Waktu yang Diperlukan untuk melakukan proses pendaftaran dan melakukan aktivasi layanan Mandiri SMS Banking tidak terlalu lama. Selain itu caranya sangat mudah untuk diikuti.

Jika Anda melamar melakukan pendaftaran melalui ATM maka layanan Mandiri SMS Banking langsung aktif untuk transaksi non finansial seperti cek saldo, cek lima mutasi terakhir, dan lain-lain.

Namun untuk aktivasinya, nasabah perlu mendatangi Bank Mandiri untuk melakukan konfirmasi bahwa telah melakukan pendaftaran melalui ATM. Di bagian costumer service, petugas akan memberikan PIN yang dibutuhkan untuk melakukan aktifitas perbankan. Tanda melakukan pelaporan maka aktiftas yang bisa dilakukan sebatas informatif saja dan belum bisa melakukan transaksi keuangan.

Mengubah PIN Mandiri SMS

Setelah mendaftar dan layanan SMS Banking Mandiri sudah diaktifkan, langkah pertama adalah mengubahan PIN Mandiri SMS. Hal ini dilakukan supaya dapat bertransaksi dengan aman. Cara mengubah PIN Mandiri SMS adalah sebagai berikut :

Ketik : PIN (spasi) PIN lama (spasi) PIN baru (spasi) PIN baru kirim ke 3355

Contoh : PIN lama : 111111 PIN baru : 123456

Maka perintah transaksi sebagai berikut :

PIN 111111 123456 123456 kirim ke 3355

Yang harus Anda ingat adalah tidak bisa dua nomor handphone didaftarkan untuk satu rekening yang sama. Karena pada prinsipnya satu rekening sendiri milik nasabah dan hanya dapat didaftarkan untuk 1 nomor handphone saja.

Jika Anda mengganti SIM Card, Anda tidak perlu melakukan daftar ulang Mandiri SMS Banking karena jika nomor handphone Anda sama dengan nomor sebelumnya. Tetapi jika nomor handphone Anda berbeda dengan yang sebelumnya, maka Anda harus menutup layanan Mandiri SMS Banking terlebih dahulu melalui Mandiri Call 14000 dan kemudian melanjutkan daftar ulang ke ATM atau Cabang Bank Mandiri terdekat.

Biaya SMS Banking Mandiri

Masalah biaya tentu perlu dibahas dengan detail. Jadi nasabah dapat tenang menggunakan berbagai layanan tanpa ada biaya yang tida diduga. Beberapa hal yang perlu diketahu mengenai biaya menggunakan Layanan SMS Banking Mandiri adalah sebagai berikut.

  1. Tidak ada biaya yang diberikan oleh Bank Mandiri kepada nasabahnya melalui Mandiri SMS Banking.
  2. Semua biaya seperti biaya pendaftaran, administrasi bulanan, dan biaya transaksi diberikan secara gratis.
  3. Ada biaya terpisah tergantung dari jenis transaksi, pada transaksi tertentu akan dikenakan biaya contohnya ketika Anda ingin membayar PLN maka akan dikenakan transaksi sebesar Rp 3.500 per transaksinya.
  4. Biaya SMS yang dibebankan oleh operator telepon kepada pengguna Mandiri SMS Banking
  5. Untuk transaksi dengan cara ketik SMS adalah sebagai berikut :
  • SMS dikirim maka biaya sesuai kebijakan operator masing-masing.
  • SMS diterima maka akan dikenakan biaya Rp 500,-.
  1. Untuk transaksi dengan cara Pilih Menu adalah sebagai berikut :
  • Telkomsel : kirim sesuai kebijakan operator; terima untuk kartu Halo Rp 500,-, kartu AS Rp550,- dan Simpati Rp 550,-.
  • XL dan Indosat : Rp 500,- (transaksi informasi); Rp 1.000,- (transaksi transfer/pembelian/pembayaran)
  1. Biaya tersebut akan mengurangi pulsa pelanggan (pra bayar) atau akan dibebankan ke tagihan bulanan (pasca bayar).

Demikianlah beberapa hal yang perlu nasabah ketahui sebelum memutuskan untuk mendaftar pada layanan SMS Banking Bank Mandiri. Bila ingin memastikan jumlah tarif dan biaya sesuai dengan informasi maka Anda perlu mencatat dan membandingkannya. Karena tiap provider menberikan tari dan harga yang berbeda. Bahkan bila ada perubahan pun, nasabah harus dengan aktif mencari tahu.

Limit Transaksi SMS Banking Mandiri

Limit transaksi SMS Banking Mandiri setiap harinya adalah sebagai berikut :

  • Transfer : 100.000.000
  • Pembayaran non kartu kredit : 100.000.000
  • Pembayaran kartu kredit untuk KK Bank Mandiri Rp 100.000.000, dan untuk KK Bank lain Rp 50.000.000.
  • Isi ulang pulsa 000.000

Limit transaksi ini berlaku akumulatif untuk semua channel mobile banking yang diakses oleh nasabah, yaitu Mandiri SMS Banking (ketik dan STK), Mandiri Mobile Banking, dan SMS Banking Mandiri *141*6#.

Jenis Transaksi Mandiri SMS Banking

Sekarang rekening Anda sudah terkoneksi dengan layanan SMS Banking Mandiri. Apa saja yang bisa Anda lakukan dengan layanan ini? Berikut adalah beberapa aktifitas perbankan diantaranya adalah

  1. Transfer antar rekening Bank Mandiri
  2. Transfer antar Bank
  3. Cek Saldo
  4. Saldo rekening tabungan, rekening valas, dan pinjaman.
  5. Informasi tagihan Mandiri Visa
  6. 5 transaksi terakhir rekening
  7. Suku bunga Deposito, suku bunga tabungan dan kurs valuta asing
  8. Pembayaran dan pembelian
  9. Pembayaran tagihan Mandiri VISA, Telkom, Telkom Flexi, KartuHALO, Matrix, Xplor, Fren, Esia, StarONE, Garuda, Air Efata, Air Asia, Adam Air, Merpati Air, Riau Air, Travel Agent , PLN, PBB, Kompas, XL Kita, IndosatNET, CBN Internet, Kabel Vision, Indo Vision, Multiartha, AXA Mandiri, Bina Sarana Informatika, Perbanas Jakarta, Amikom Yogya
  10. Pembelian voucher isi ulang simPATI, IM3 Smart, Mentari , XL bebas, Flexi Trendy, Fren dan Esia dan StarONE
  11. Notifikasi SMS
  12. Pendebitan/pengkreditan di atas nilai tertentu
  13. Penolakan cek/bilyet giro
  14. Jatuh tempo rekening Deposito
  15. Saldo rekening di bawah nilai tertentu.
  16. Perubahan PIN

Tentu agas dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman, proteksi perlu dilakukan. Anda harus memastikan tidak ada orang lain yang menggunakan layanan ini selain Anda sebagai pemegang rekening.

Sistem Pengamanan Transaksi Mandiri SMS Banking

Mandiri SMS memiliki sistem pengamanan berlapis. Jadi nasabah disarankan untuk melakukan beberapa langkah pengamanan tersebut demi kenyamanan bertransaksi. Beberapa cara proteksi tersebut adalah:

  1. Mengingat dan tidak mengganti No HP sebagai ID nasabah.
  • SMS diacak/enkripsi (PILIH MENU) & PIN acak (Ketik SMS).
  • Transaksi diverifikasi dengan PIN.
  • PIN dapat diubah kapan saja.
  • Limit transaksi per hari.

Bila nasabah lupa dengan password, nama ID atau data proteksi lainnya maka Layanan Mandiri SMS Banking akan diblokir. Hal ini bisa karena salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut, ATM atau ponsel hilang atau atas permintaan nasabah layanan tersebut diblok atau ditutup.

Untuk membuka blokir maka pemilik rekening harus datang langsung ke Bank Mandiri dengan membawa semua bukti identitas diri. Nasabah membawa KTP, buku tabungan dan ATM untuk dapat mengaktifkan layanan SMS Banking.

Caranya sangat mudah, hanya perlu mendatangi bagian costumer service dan menyatakan ingin membuka blokir. Prosesnya tidak lama. Namun untuk mencegak hal yang sama terjadi lagi dimasa yang akan datang, pastikan untuk mengingat semua password dan PIN agar tidak perlu mendatangi Bank.

Manfaat Mandiri SMS Banking

Dengan sudah mengetahui Cara Daftar SMS Banking Mandiri pasti Anda sangat tertarik untuk membuatnya. Berikut ini adalah manfaat Mandiri SMS Banking yang bisa Anda dapatkan, yaitu :

Memberikan kemudahan dan bersifat fleksibel

Ketik SMS atau Pilih Menu Dengan mengetikkan kode transaksi yang dibutuhkan, jawaban akan diterima dalam bentuk SMS juga atau transaksi dapat dilakukan dengan SIM Microbrowser Mobile Banking memilih menu pada ponsel.

Menjadi lebih efisien dan murah

Biaya transaksi yang dikenakan hanya sebesar biaya SMS + Rp500. Untuk notifikasi SMS sebesar Rp500 dengan memakai semua jenis SIM Card. Apapun jenis SIM Card yang Anda miliki, transaksi perbankan dapat Anda lakukan. Transaksi dengan memilih menu ini dapat dinikmati oleh pengguna navigator Telkomsel, Life In Hand XL, Matrix dan Mentari Indosat

Berikut ini adalah Cara Daftar SMS Banking Mandiri dengan mudah, semoga bisa membantu Anda dalam mendaftaruntuk dapat menggunakan layanan SMS Banking Mandiri. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi cabang Bank Mandiri terdekat atau hubungi Call Mandiri 14000.