Cara Daftar Internet Banking BNI

7 min read

Cara Daftar Internet Banking BNI

Indonesia memiliki beragam bank sebagai media untuk melakukan transaksi keuangan, investasi, tabungan dan masih banyak lagi.  Bank BNI termasuk bank tertua yang sudah melayani masyarakat Indonesia dari puluhan tahun. Untuk mengikuti perkembangan zaman dan berbagai layanan digital yang juga dilakukan oleh bank lain. BNI turut bebenah diri dan memperkenalkan layanan internet banking pada nasabahnya.

BNI kini memiliki fitur internet banking dan mobile banking untuk memberikan kenyamanan transaksi bagi nasabahnya. Kedua layanan tersebut memungkinkan nasabah untuk dapat melakukan kegiatan perbankan tanpa harus mendatangi bank secara fisik. Sebelum dapat menggunakan layanan tersebut, terlebih dahulu nasabah harus mendaftarkan dirinya terlebih dahulu.

Cara Daftar Internet Banking Bank BNI

Cara Daftar Internet Banking Bank BNI

Layanan internet banking menjadi andalan Bank BNI memasuki era digital. Para nasabahnya pun dapat memanfaatkan berbagai kemudahan transaksi hanya dengan memulai pendaftaran. Sebelumnya pastikan dahulu memiliki semua persyaratan yang diperlukan seperti:

  1. Memiliki tabungan simpanan atau giro dengan kartu debit ATM.
  2. Memiliki rekening dalam keadaan aktif dengan saldo.
  3. Memiliki KTP atau Kartu Tanda Penduduk

Pendaftaran dapat dilakukan dengan datang langsung ke kantor pusat atau cabang Bank BNI melalui layanan customer service BNI atau menggunakan mesin ATM bank BNI. Nasabah perlu membawa serta semua persyaratan sebagai data identitas yang akan digunakan untuk mecocokkan dengan data pemegang rekening yang sudah terdaftar.

Anda tidak perlu memiliki rekening dalam waktu tertentu atau memiliki saldo dalam jumlah tertentu. Bahkan, bila Anda membuka rekening untuk pertama kalinya dan langsung mendaftarkan diri untuk layanan internet banking, hal tersebut bisa dilakukan.

Bila nasabah dapat datang ke kantor pusat atau cabang Bank BNI maka cara ini tentu sangat disarankan. Selain minim kesalahan karena dibantu oleh petugas costumer service langsung, semua data bisa langsung diinputkan. Bila nasabah tidak berada dekat Bank BNI atau tidak memungkinkan untuk mendaftar lewat Bank BNI, maka registrasi melalui ATM adalah cara paling tepat. Berikut adalah penjelasannya.

Cara Daftar Melalui Customer Service

Bagi anda yang ingin mendaftar internet banking melalui customer service dapat mendatangi kantor cabang Bank terdekat dari tempat tinggal. Sebelum ke kantor Bank BNI, pastikan anda membawa persyaratan pembuatan internet banking. Yaitu membawa buku tabungan BNI anda, kartu identitas diri atau KTP, nomor telepon yang akan dijadikan nomor internet banking dan alamat email aktif.

Baca Juga: Cara Daftar BRI Mobile Banking

Jika persyaratan lengkap, maka customer service akan membantu proses pendaftaran. Dijamin waktunya cepat dan kegiatan anda tidak terganggu, selain itu anda akan diberikan PIN untuk alat otoritas BNI di M Secure. Jika anda memilih sistem otoritas BNI M Secure maka akan mendapat token.

Setelah proses pendaftaran anda berhasil, anda akan mendapat struk yang berisi User ID untuk melanjutkan proses aktivasi internet banking BNI. Tentunya aktivasi tersebut dilakukan di situs resmi bank BNI.

Cara daftar melalui ATM

Anda tak punya waktu datang ke kantor cabang bank? Nasabah dapat mendaftar untuk layanan internet banking melalui mesin ATM. Pendaftaran dengan ATM lebih cepat dibandingkan harus datang ke kantor Bank BNI. Prosesnyapun mudah dan terbilang cepat. Yang perlu dipastikan adalah Anda mendaftar dengan tenang dan tidak terburu-buru. Langkah-langkah yang harus anda lakukan di antaranya adalah:

  • Masukkan kartu ATM pada mesin ATM
  • Lalu ketikkan enam digit PIN ATM
  • Setelah itu pilih menu “BNI internet banking”
  • Pendaftaran berhasil bila mesin mengeluarkan struk yang berisi kode aplikasi BNI internet banking

Sama dengan cara pendaftaran melalui layanan costumer service, rekening Anda sudah terdaftar untuk layanan internet banking. Namun Anda masih harus melakukan aktivasi sebelum benar-benar menggunakannya.

Pastinya ke dua cara daftar internet banking BNI sukses dilakukan. Nasabah dapat memilih cara mendaftar manapun yang paling mudah untuk dilakukan. Keduanya sama efektif dan sama-sama mudah.

Cara Aktivasi Internet Banking BNI

Cara Aktivasi Internet Banking BNI

Setelah melakukan pendaftaran, langkah selanjutnya adalah aktivasi internet banking anda sehingga dapat digunakan untuk transaksi. Anda memerlukan perangkat laptop, komputer atau smartphone dan koneksi internet baik dari wifi atau paket data. Berikut ada cara aktivasi internet banking BNI yang dapat anda terapkan, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama adalah mengunjungi website resmi bank BNI yakni bni.co.id
  • Pilih menu “E-Banking
  • Setelah itu pilih menu personal login
  • Kemudian klik kolom “klik disini” tujuannya agar anda dapat mengakses halaman baru untuk aktivasi internet banking.
  • Ketik user ID dan password yang anda miliki yang tertera pada struk dari mesin ATM atau struk dari customer service.
  • Kemudian verifikasi nomor handphone anda yang di daftarkan untuk internet banking.
  • Tunggu beberapa saat sampai mendapatkan password OTP yang dikirimkan melalui SMS
  • Setelah medapat SMS password, ketikkan password dari BNI melalui SMS
  • Lalu ketikkan password sebanyak 2 kali
  • Klik tombol “proses”
  • Internet banking BNI anda sudah aktif dan dapat digunakan untuk transaksi.

Setelah internet banking Anda akan terhubung dengan layanan bank BNI m-secure maka Anda dapat menikmati berbagai fitur menarik dan nyaman digunakan pada menu yang dapat dilihat pada layar laptop atau smartphone.

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah keamanan rekening Anda. Semakin banyak layanan yang digunakan, maka semakin besar resiko yang dimilikinya. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengganti password internet banking yang diberikan oleh pihak Bank. Dengan demikian hanya nasabah saja yang mengetahuinya.

Cara Mengganti Password Internet Banking

Mengganti password adalah saran bank manapun pada semua nasabahnya. Dengan demikian rekening Anda tidak mudah dimasuki oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.  Tujuannya agar semua data bank aman dan tidak diperjualbelikan yang merugikan nasabah.

Anda dapat mengganti password internet banking di situs resmi bank BNI, cukup membuka internet banking dan memilih kode pergantian passsword. Gunakanlah kombinasi angka dan huruf pada password sehingga mudah diingat.

Kalaupun Anda lupa dengan password maka ikuti langkah-langkah yang sudah tertera di situs internet banking tentang bagaimana memulihkan password Anda kembali. Umumnya pihak Bank akan mengirimkan password baru melalui email yang sudah Anda daftarkan sebelumnya. Oleh karena itu gunakan layanannya dengan baik dan ingat passwordnya juga.

Cara Simple Unduh BNI Internet Banking Di Smartphone

Cara Simple Unduh BNI Internet Banking Di Smartphone

Perlu diketahui, internet banking BNI dapat di akses melalui halaman website resmi BNI dan bisa juga melalui aplikasi smartphone. Nasabah bank BNI dapat mengunduh aplikasi internet banking di smartphone sehingga transaksi semakin nyaman. Dijamin layanan e-banking menjadi andalan berbagai transaksi perbankan.

Cara mengunduh aplikasi internet banking sangat mudah untuk dilakukan. Nasabah cukup mencari aplikasi BNI Mobile Banking di Google Play atau Play Store. Lalu setelah itu tekan instal dan tunggu sampai proses selesai. Setelah itu segera aktivasi user ID BNI Mobile Banking anda agar dapat digunakan, caranya adalah:

  • Tekan pada pilihan “Aktivasi” di aplikasi yang anda buka
  • Kemudian input data user ID BNI Mobile Banking dan 16 digit angka yang ada di kartu debit bank BNI anda.
  • Lalu tekan pilihan “kirim SMS OTP” saat itulah pihak bank akan mengirimkan 4 angka kode untuk keperluan aktivasi SMS anda.
  • Langkah ini, anda akan diminta membuat MPIN atau dikenal dengan mobile pin dan password berbagai transaksi anda. Pastinya MPIN digunakan untuk melakukan login bersama user ID Mobile Banking yang anda terima.

Bagaimana? Mudah kan mengunduh aplikasi mobile banking BNI pada smartphone? Apalagi prosesnya cepat dan memberikan kepuasan bagi nasabah dalam bertransaksi, yang terpenting usahakan koneksi internetnya lancar saat mengunduh aplikasi mobile BNI sehingga cepat terinstal.

Daftar Fitur Yang Ada Di Internet Banking BNI Android

Selain cara daftar internet banking BNI yang mudah, di aplikasi mobile banking banyak fitur yang dapat dinikmati nasabah. Berikut adalah beberapa fiturnya:

Transfer ke semua bank

Fitur yang pertama adalah nasabah dapat mentransfer uang ke sesama bank BNI maupun semua bank lain. Alhasil memudahkan nasabah melakukan berbagai hal, baik untuk pekerjaan, bisnis dan hal lainnya. Pastinya transfer dapat dilakukan kapan saja termasuk terjadwal.

Melakukan Pembayaran Tagihan

Anda malas membayar tagihan ke outlet atau tempat pembayaran resmi? Tenang saja karena mobile banking BNI memiliki fitur yang dapat melakukan pembayaran tagihan apapun yang nasabah butuhkan. Alhasil pembayaran dapat dilakukan dimana pun Anda berada. Tanpa biaya transportasi atau kepanasan akibat sinar matahari, anda bebas biaya tagihan.

Mengecek Saldo

Umumnya, setiap pemilik rekening bank ingin mengetahui saldo tabungan anda. Apalagi jika ada transferan atau usai melakukan pembayaran tagihan, anda pasti mengecek saldo. Tanpa harus keluar rumah untuk ke kantor Bank BNI atau ke ATM, hal tersebut dapat diketahui dalam genggaman tangan Anda.

Aplikasi mobile banking BNI memiliki fitur dapat mengecek saldo harian atau bulanan anda. Alhasil melakukan transaksi perbankan semakin menyenangkan.

Melihat Mutasi

Mengetahui mutasi penting bagi pemilik rekening sehingga mengetahui siapa saja yang mentransfer dan kisaran jumlah uang yang di transfer. Nasabah dapat memeriksa mutasi rekening cukup dari laptop atau dari smartphone. Pemeriksaan mutasi secara online umumnya terbatas hanya untuk sebulan sebelumnya.

Nasabah dapat mengisi kolom mutasi sesuai tanggal yang diinginkan. Lalu layar akan menunjukkan semua transaksi yang sudah dilakukan dalam kurun waktu tersebut. Bila tidak dapat ditunjukkan maka nasabah harus mengunjungi Kantor pusat atau cabang Bank BNI.

Melihat Bukti Transaksi

Selain itu aplikasi internet banking BNI memiliki fitur dapat melihat bukti transfer yang masuk ke rekening anda. Dengan begitu anda dapat mengetahui siapa saja yang mentransfer dan mengetahui jumlahnya.

Masih banyak fitur lainnya selain fitur-fitur di atas. Berbagai menu lainnya yang dimiliki aplikasi internet banking BNI. Semua fitur bermanfaat untuk nasabah dan membantunya meraih kemudahan bertransaksi di perbankan.

Cara Aman Bertransaksi Melalui BNI Internet Banking

  • BNI e-Secure/m-Secure hanya untuk transaksi finansial atau perubahan data. Pihak BNI tidak pernah melakukan sinkronisasi di layar BNI Internet Banking Nasabah. Bila Anda melihat hal ini maka waspada dan hentikan transaksi dan hubungi BNI Call di 1500046 atau 68888.
  • Hentikan transaksi bila Anda diminta untuk menginput PIN BNI e-Secure/m-Secure di luar kebiasaan melalui BNI Internet Banking dan segera hubungi BNI Call di 1500046 atau 68888.
  • Hindari akses BNI Internet Banking dari tempat umum seperti warnet atau tempat yang memberikan layanan internet gratis.
  • Hindari membuka lampiran email dari pengirim yang tidak dikenal atau download content tidak resmi atau konten yang berpotensi sebagai virus.
  • Akses BNI Internet Banking melalui alamat resmi situs BNI Internet Banking melalui www.bni.co.id dan masuk login.
  • Pakai fasilitas virtual keyboard saat memasukkan password anda untuk menghindari pencurian informasi (keylogger).
  • Pastikan Anda sudah benar-benar logout saat meninggalkan komputer Anda.
  • Jaga kerahasiaan password BNI Internet Banking dan PIN BNI e-Secure
  • Ganti password BNI Internet Banking secara berkala.

Tips Menggunakan Internet Banking Bank BNI

Tips Menggunakan Internet Banking Bank BNI

Sejatinya, menggunakan berbagai kecanggihan teknologi ada batasan dan arahan agar teknologi tersebut tidak memberatkan anda. Sama halnya dengan menggunakan internet banking, walaupun aktivasi internet banking BNI mudah cepat tetap diperhatikan arahannya.

Usahakan anda mengikuti tips cermat menggunakan internet banking agar tidak menganggu kehidupan anda. Dengan begitu tidak ada yang dirugikan akibat kelalaian menggunakan internet banking, berikut ada tips yang dapat anda terapkan, antara lain:

Menjaga kerahasiaan password dan user ID internet banking

Hindari menyimpan password dan user ID internet banking di notes smartphone atau buku bawaan. Padahal hal tersebut rawan di ketahui orang, jngan biarkan dua hal tersebut diketahui oleh orang lain. Untuk itulah, pilih password internet banking yang mudah diingat sehingga tak perlu di tulis.

Tidak Menggunakan Smartphone Milik Orang Lain

Tindak kejahatan dapat terjadi dimana saja dan pada siapa pun. Walaupun anda memiliki banyak kerabat dan teman-teman, jangan sampai anda membuka internet banking menggunakan kartu anda tetapi smartphone orang lain. Atau bahkan membiarkan mereka melihat anda menulis user ID dan password.

Hal tersebut rawan dan bisa disalahgunakan orang lain. Jangan sampai saldo bank yang sudah anda tabung agar berlimpah di curi orang karena kelalaian anda sendiri, pasalnya sulit uang internet banking kembali jika sudah dibajak.

Login Harus Di Situs Resmi BNI

Membuka layanan internet banking harus dilakukan tanpa buru-buru dan hati-hati. Pastikal alamat situs BNI yang nasabah tujuh benar. Karena menggunakan internet banking bisa terarak ke situs tidak resmi yang memang digunkan untuk penipuan.

Hal tersebut harus dicegah dengan berhati-hati dan tidak mengambi melakukan aktifitas lain saat melakukan pendaftaran. Setiap saat Anda login wajib menggunakan situs resmi bank BNI.

Hubungi Call BNI Saat Ada Yang Mencurigakan

Terkadang, ada nasabah yang kesulitan mengakses internet banking. Bahkan ada yang mengalami hal lain yang mencurigakan, jika anda mengalami hal mencurigakan segeralah tutup aplikasi. Selain itu segera hubungi layanan BNI Call di nomor 1500046 sehingga pihak bank bisa membantu anda, dengan begitu saldo dan semua data bank anda aman.

Menggunakan Jaringan Internet Yang Cepat

Nasabah sering kali mengeluh akibat transaksi internet bankingnya gagal terus, alhasil ada aktifitas yang dirugikan. Agar kendala tersebut tak terjadi, pastikan anda mengunakan jaringan internet yang cepat sehingga transaksi lebih menyenangkan dan mudah.

Baca Juga: Cara Daftar SMS Banking Mandiri

Sejatinya, bank BNI sangat potensial untuk berbagai transaksi. Apalagi memiliki beragam fitur menarik dan terbaru yang membuat nasabah merasa nyaman menggunakannya.

Demikianlah cara daftar internet banking BNI yang nasabah dapat lakukan. Anda dapat menggunakan ATM atau datang langsung ke kantor pusat atau cabang terdekat. Sedangkan aktivasinya menggunakan gadget menuju situs resmi BNI. Siapkan semua persyaratan, ikuti instruksinya dan tunggu aktivasinya. Gunakan semua kemudahan transaksi keuangan menggunakan internet Banking BNI dengan nyaman dan tetap hati-hati demi keamanan akun rekening Anda.