Cara Daftar BRI Mobile Banking

7 min read

Cara Daftar BRI Mobile Banking

Bank membantu nasabah mengelola uang, mulai dari menabung sampai memulai investasi. Mendatangi bank untuk mendapatkan layanan tersebut dapat menyita waktu. Hal tersebutlah yang mendukung layanan mobile banking yang memudahkan nasabah melakukan kebutuhannya dengan bank tanpa harus datang langsung ke bank.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga memberikan akses online tersebut kepada nasabahnya. Layanan yang diberi nama BRI internet banking atau mobile banking BRI diharapkan dapat memudahkan berbagai transaksi keuangan. Jadi Anda hanya perlu membuka ponsel atau laptop dan layanan perbankan BRI Anda dapat diakses diujung jemari Anda.

Sebelum mulai melakukan transaksi apapun, nasabah perlu melakukan pendaftaran yang menyambungkan data nasabah di bank dengan perangkat yang digunakan baik ponsel maupun laptop. Sebelum menggunakan layanan mobile Banking BRI, Anda melakukan aktivasi terlebih dahulu.

Cara Mendaftar Mobile Banking BRI

Layanan perbankan yang terkoneksi jaringan internet dapat dinikmati tanpa mengikuti jam kerja bank bahkan dapat diakses 24 jam dalam sehari. Anda dapat cek saldo, transfer, isi ulang, mutasi rekening, dan transaksi lainnya dimanapun Anda berada. Semua dimulai dengan melakukan pendaftaran secara online yang diikuti dengan mendatangi bank BRI untuk menaktifkannya.

Untuk keamanan penggunaan dimasa yang akan datang, nasabah perlu mengikuti beberapa langkah registrasi mobile banking BRI. Setelah melakukannya, Anda tidak perlu pergi ke Bank BRI lagi, setidaknya bila tidak ada kendala dengan layanan mobile bankingnya.

BRI mobile banking layaknya costumer service yang melayani nasabah 24 jam. Apapun yang CS bisa lakukan untuk nasabah dapat digantikan dengan mobile banking. Hal-hal tersebut dapat Anda lakukan sendiri setelah melakukan registrasi yang dapat dilakukan dari beberapa pilihan pendaftaran.

Persyaratan Daftar Mobile Banking BRI

Persyaratan Daftar Mobile Banking BRI

Cara daftar BRI mobile dapat langsung dilakukan dengan mengumpulkan dokumen yang disyaratkan terlebih dahulu. Lengkapi beberapa data terlebih dahulu:

  • Buku tabungan BRI dengan kartu ATM aktif baik tabungan Simpedes, BritAma, atau BritAma Junio
  • Kartu identitas diri (KTP).
  • Ponsel untuk proses verifikasi. Disarankan untuk memakai Card operator yang bekerja sama dengan BRI. Beberapa di antaranya adalah Indosat, Telkomsel, Mobile-8, XL, Telkom Flexy, dan Bakrie Telecom.
  • Email aktif untuk mendapatkan email notifikasi aktifasi Internet Banking BRI.

Data-data tersebut diperlukan untuk dimasukan oleh costumer service BRI agar nasabah dapat memakai layanan mobile banking. Anda juga dapat bertanya pada CS BNI untuk pertanyaan yang mungkin nasabah miliki mengenai bagaimana menggunakannya. Anda juga akan diberikan formulir pendaftaran dan dipandu step by step cara mendaftar M mobile BRI.

Cara Registrasi Mobile Banking BRI

Cara Registrasi Mobile Banking BRI

Dalam proses melakukan registrasi nasabah akan diinformasikan beberapa pilihan cara mendaftar baik melalui costumer service di bank BRI, Ponsel atau Laptop. Anda bisa membaca tata cara m banking BRI yang ada pada situs resmi BRI atau langkah-langkah yang dapat diikuti sesuai dengan panduan registrasi sesuai dengan bagaimana cara Anda mengaktifkan mobile banking BRI.

Berikut adalah cara aktifasi mobile banking BRI melalui berbagai cara. Bisa datang langsung ke bank, melalui ATM atau mengunduh aplikasi menggunakan ponsel. Pilih cara daftar BRI mobile yang mudah bagi Anda.

Pendaftaran Melalui ATM BRI

Anda dapat menikmati layanan mobile banking BRI dengan registrasi via ATM BRI. Nasabah perlu memiliki rekening tabungan dengan ATM dan memilih tempat untuk mendaftar di ATM. Berikut adalah langkah-langkah pendaftaran yang bisa nasabah lakukan.

  1. Masukkan PIN ATM BRI
  2. Ketik nomor Pin ATM Anda
  3. Pilih “menu lainnya” pada pilihan yang muncul di layar Anda
  4. Kemudian Pilih “menu registrasi”
  5. Dan Pilih “internet banking”
  6. Anda diminta memasukkan passworduntuk membuat akun internet banking
  7. Masukan enam digit sebagai password
  8. Ulangi password yang sama sebagai konfirmasi
  9. Proses registrasi selesai dan pada layar akan muncul pesan “Registrasi internet banking berhasil dilakukan”
  10. Kemudian Anda mendapatkan struk dengan informasi user ID dan password Internet Banking
  11. Pendaftaran melalui ATM telah selesai dan Anda perlu berpindah baik ke Bank atau situs Internet Banking BRI untuk menyelesaikan aktivasi akun Anda

Bila Anda melakukan registrasi mobile banking yang langsung terkoneksi dengan ponsel tanpa melalui verifikasi internet banking yang harus membuka website mana ikuti cara ini untuk mendaftar mobil banking langsung pada ATM.

Cara pendaftarannya sama dengan instruksi internet banking. Ini adalah cara registrasi no hp di atm BRI. Jadi ponsel Anda sudah terdaftar dengan menggunakan pendaftaran lewat ATM. Namun yang berbeda adalah langkah saat Anda sudah sampai pada “menu registrasi”

  • Pilih mobile banking”
  • Masukkan nomor handphone Anda
  • Masukkan PIN Mobile Banking enam digit
  • Sebagai tanda registrasi selesai akan keluar struk sebagai bukti aktifitas
  • Lakukan konfirmasi ke bank untuk mengaktifkan BRI Mobile Bnking Anda dengan membawa buku tabungan, kartu ATM dan KTP

Pendaftaran mobile banking melalui ATM barulah langkah awal. Anda perlu melakukan aktivasi rekening yang bisa dilakukan dengan mendatangi bank BRI terdekat. Bila membutuhkan data rekening untuk pemeriksaaan saldo dan informasi lainnya, nasabah bisa mengaktifkan akun melalui internet banking melalui laptop atau komputer. Namun, nasabah tetap diharuskan untuk mendatangi pihak Bank untuk dapat melakukan transaksi secara menyeluruh.

Pendaftaran Melalui Internet Banking

Cara mengaktifkan mobile banking BRI bisa dilakukan melalui ATM, internet banking dan datang langsung ke Bank. Untuk Pendaftaran melalui internet banking BRI juga bisa Anda lakukan asalkan ada koneksi internet yang stabil. Berikut adalah tata caranya

  1. Nyalakan komputer dan pastikan terkoneksi pada internet
  2. Cari situs resmi Bank BRI yakni ib.bri.co.id
  3. Lakukan login ke internet banking BRI dan cari daftar menu BRI Mobile kemudian
  4. Ikuti instruksi yang terlihat pada layar komputer Anda.
  5. Anda perlu mengisi data pemegang rekening.
  6. Konfirmasi data dan rencana menggunakan mobile banking.
  7. Proses pendaftaran selesai. Anda tinggal datang ke Bank BRI untuk melakukan konfirmasi bahwa sudah melakukan pendaftaran untuk menggunakan mobile banking

Pendaftaran mobile banking yang ingin melakukan berbagai transaksi menggunakan ponsel Anda. Sedangkan internet banking adalah segala kegiatan keuangan yang dilakukan melalui internet. Pendaftar mobile banking bisa dilakukan melalui situs internet banking BRI. . Namun, langkah terakhirnya harus dilakukan didepan costumer service di Bank BRI.

Pendaftaran Melalui Ponsel

Melakukan transaksi melalui mobile banking jadi  lebih mudah. Nasabah hanya perlu mengunduh aplikasi mobile banking yang ada di Playstore pada ponselnya. Berikut adalah cara mendaftar BRI banking melalui ponsel Anda.

  1. Mendownload aplikasi BRI Mobile
  2. Buka aplikasi dan menuju menu utama.
  3. Anda akan melihat berbagai menu termasuk internet banking dan mobile banking
  4. Pilih Internet Banking BRI untuk melakukan transaksi melalui jaringan internet
  5. Pilih aktivasi Mobile BRI dan isi data nasabah seperti nomor KTP dan nomor rekening Anda.
  6. Jika sukses, Anda akan dikirimi SMS notifikasi kalau BRI mobile sudah aktif dan bisa digunakan

Pendaftaran melalui ponsel termasuk mudah dipahami dan diikuti. Yang mungkin belum familiar adalah melakukan upload data identitas dengan cara berbagi foto. Hal seperti KTP dan KK perlu difoto sebagai kelengkapan data nasabah yang valid. Hal ini termasuk memoto KTP dengan tangan sendiri dimana kartu dan wajah berada dalam satu frame.

Pendaftaran Melalui Bank BRI

Bila Anda memiliki waktu untuk datang ke bank BRI maka ini adalah cara mengaktifkan mobile banking yang paling cepat. Anda tidak perlu mengikuti instruksi pendaftaran dan cukup meminta bantuan bagian costumer service.

Baca Juga: Cara Daftar SMS Banking Mandiri

CS BRI akan meminta buku tabungan, Kartu Tanda Penduduk dan ATM untuk melakukan registraksi, aktifasi dan konfirmasinya. Semua dapat diwakilkan oleh costumer service dengan cepat. Selain itu proses pendaftaran lainnya baik melalui ATM, Internet Banking atau Ponsel. Walau tetap saja pada akhirnya harus datang ke Bank untuk melakukan finalisasi dan layanan mobile banking dapat digunakan seluruhnya.

Bila Nasabah belum sempat ke Bank maka pendaftaran melalui ATM, internet atau ponsel tersebut dapat dilakukan terlebih dahulu. Setelah melakukan pendaftaran maka dilakukanlah aktivasi yang sering dilakukan melalui media lainnya. Setelah itu mendatangi bank untuk langkah terakhirnya.

Cara Mengaktifkan Mobile Banking BRI

Cara Mengaktifkan Mobile Banking BRI

Registrasi telah dilakukan, namu akun Anda belum aktif dan layanan mobile bankingnya belum bisa digunakan. Pihak Bank perlu diinformasikan kalau nasabahnya ingin menggunakan layanan tersebut dan membuka jaringan agar akun BRI Anda dapat teraktivasi.

Berikut adalah beberapa cara melakukan pendaftaran serta bagaimana melakukan aktifasinya. Nasabah hanya perlu mimilih cara mengaktifkan mobile banking BRI yang paling mudah baginya untuk eksekusi sendiri.

  • Pendaftaran ATM akan keluar struk sebagai aktivasi melalui internet
  • Pendaftaran melalui internet banking akan memberikan link untuk mengunduh aplikasi mobile banking
  • Pendaftaran melalui ponsel akan mengeluarkan notifikasi yang perlu dilaporkan ke pihak Bank.

Ada dua cara yang bisa nasabah pilih untuk melakukan aktivasi. Nasabah bisa mendatangi kantor Bank BRI terdekat atau menggunakan laptop atau komputer dan melakukan aktifasi melalui situs resmi Bank BRI. Faktanya, bahkan setelah melakukan aktifasi melalui internet, tetap saja akhirnya harus datang ke bank untuk konfirmasi akhir.

Aktivasi BRI Mobile Melalui Internet Banking

Nasabah yang sudah mendaftar perlu mengaktifkan akun sebelum dapat menggunakan Mobile Banking. Anda dapat menggunakan laptop dan membuka situs resmi BRI yang diperuntukan untuk layanan Internet Banking. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti.

  1. Masuk ke situs Internet Banking BRI dengan alamat ib.bri.co.id
  2. Masukkan user ID serta password pada struk bila Anda mendaftar melalui ATM
  3. Lakukan kode captcha yang tampil di layar
  4. Klik bagian  “setuju” untuk halaman tentang Syarat dan Ketentuan
  5. Ubah password akun Internet Banking BRI Anda
  6. Masukkan alamat email yang kamu miliki

Akun Anda sudah aktif. Untuk sementara waktu yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pengecekan saldo serta pemindahan pembukuan yang bersifat informatif. Bila ingin melakukan transaksi yang berkaitan dengan perpindahan uang maka Anda perlu mendatangi kantor cabang BRI terdekat.

Hal ini disebabkan adanya lapisan keamanan yang diperlukan agar akun Anda terproteksi dengan baik. Meski sudah registrasi dan aktivasi, Anda sebagai nasabah perlu melaporkan akun bank untuk melakukan verifikasi.

Aktivasi Ke Bank BRI Terdekat

Baik pendaftaran melalui ATM atau internet banking hanya dapat digunakan setelah datang ke bank. Bawa tabungan, ATM dan struk yang keluar dari ATM untuk ditunjukkan pada bagian costumer service.

Anda tidak butuh waktu lama untuk melakukan aktivasi. Terutama bila pendaftaran sudah dilakukan dan hanya perlu melakukan verifikasi saja. Namun, nasabah tetap perlu ke bank untuk memastikan bahwa pemegang rekeninglah yang mengajukan permohonan untuk dapat menggunakan layanan mobile banking BRI.

Bagaimana? Mudahkan untuk mengikuti tahapan cara mengaktifkan mobile banking BRI. Segera lakukan pendaftaran dan aktifasi untuk membantu aneka kebutuhan finansial Anda. Proses pendaftaran, aktivasi sampai verifikasi sangat mudah dan hemat waktu. Ikuti langkah-langkah yang sudah diterangkan di atas dan gunakan dengan waspada.

Ingat untuk selalu berhati-hati menggunakan password dan pemakaian layanan mobile banking sesuai kebutuhan saja.  Sebagai langkah keamanan berikut adalah tips yang bisa Anda ikuti dalam memastikan keamanan mobile banking Anda.

Tips Menggunakan Layanan BRI Mobile Banking

Transaksi perbankan adalah suatu kerahasiaan yang perlu dilindungi oleh pemilik rekening. Tidak ada yang bisa melakukan pengamanan selain pemiliknya sendiri. Hal seperti memilih password yang mudah diingat, menaruh ATM dan buku tabungan ditempat yang aman dan tidak menyimpan sistem pengingat pada ponsel atau internet banking adalah beberapa langkah keamanan yang bisa Anda lakukan.

Berikut adalah beberapa tips menggunakan BRI mobile banking setelah nasabah mengaktifkan mobile banking BRI. Pastikan Anda lebih hati-hati terutama untuk menaruh barang-barang yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi seperti ponsel dan passwordnya.

Merahasiaan password dan User ID

Untuk masuk aplikasi BRI Internet Banking Anda memerlukan nama user ID beserta passwordnya. Hati-hati untuk tidak menuliskan atau memberi tahukannya, bahkan pada orang terdekat Anda. Pembobolan rekening secara online umumnya dilakukan kerabat terdekat yang disinyalir tidak mungkin akan melakukannya. Tidak ada salahnya untuk sedikit ekstra hati-hati.

Hindari otomatisasi penyimpanan password

Walau sedikit repot harus terus-menerus mengetikan password Anda, namun hal ini lebih aman untuk rekening Anda. Saat mengetikan password, Anda perlu hati-hati karena bisanya input user ID dan password selalu diawalkan dengan adanya pop-up yang ingin mengingat password tersebut. Hindari mengisi kolom menginat karena akan memudahkan orang lain yang memegang ponsel Anda untuk meminjam rekening tersebut.

Ganti password secara berkala

Sebagai pengamanan, nasabah selalu disarankan untuk mengubah password dari waktu ke waktu.

Hindari Wifi Umum

Koneksi internet umum biasanya tersedia secara gratis. Membuka ponsel Anda dengan wifi umum dapat mengundang pihak tidak bertanggung jawab untuk memasuki sistem mobile banking Anda tanpa kesulitan.

Call Center BRI

Bila terdapat kesalahan atau kerusakan pada mobile banking BRI Anda, maka disarankan untuk menghubungi Call BRI di 14017 atau 1500017

Tak perlu keluar rumah untuk mencari ATM atau kantor cabang Bank BRI terdekat. Transaksi perbankan bisa diakses hanya dengan membuka aplikasi BRI Mobile di smartphone.

Semua layanan mobil banking BRI sudah terkoneksi secara online. Kini Anda dapat menikmati semuanya dan bertransaksi dengan nyaman dimana saja dan kapan saja. Dengan melakukan aktifasi mobile banking maka Anda akan lebih mudah mengelola keuangan tanpa harus membuang waktu untuk mencari ATM atau Bank.