Cara Cek Nomor BPOM Produk Kosmetik

7 min read

Cara Cek Nomor BPOM Produk Kosmetik

Bagi seorang wanita, tampil cantik setiap saat adalah sebuah keharusan. Penampilan yang tidak sempurna sering kali menimbulkan rasa kurang percaya diri, sehingga cara untuk mengatasinya adalah dengan selalu menjaga penampilan dimana pun dan kapan pun.

Salah satu cara untuk bisa selalu tampil cantik adalah dengan mengenakan make-up. Berbagai produk make-up akan digunakan secara bersamaan untuk mendapatkan look wajah sesuai yang diinginkan. Mulai dari foundation, bedak, blush on, eyeshadow, mascara dan berbagai produk lain digunakan dengan beragam teknik untuk menghasilkan look berbeda.

Selain menggunakan produk make-up, wanita juga seakan “wajib” menggunakan produk kosmetik seperti skincare. Produk perawatan wajah ini berfungsi untuk menjaga kecantikan sekaligus kesehatan kulit wajah. Sehingga ketika Anda menggunakan skincare, kulit wajah akan selalu tampak cerah dan awet muda.

Sayangnya, minat masyarakat yang semakin tinggi terhadap skincare dengan hasil cepat dan signifikan ini kerap disalah gunakan oleh pihak tak bertanggung jawab. Ya, saat ini begitu banyak produsen kosmetik yang memasarkan produk skincare dengan iming-iming hasil super cepat dan menakjubkan.

Namun yang jadi masalah utama disini adalah, produk tersebut sama sekali tidak memenuhi standar keamanan produk kecantikan. Banyak produk yang menggunakan bahan kimia keras dan dapat menimbulkan efek samping yang  berbahaya bagi kulit. Tentu saja produk-produk seperti ini belum mengantongi ijin edar dari BPOM.

Jadi, sebagai pengguna Anda pun harus lebih jeli memilih produk yang sudah memiliki ijin edar dari BPOM sebagai jaminan keamanan produk. Anda bisa cek produk BPOM dengan melihat nomor ijin edar yang biasanya tercantum dalam kemasan produk.

Cara Cek BPOM Secara Lengkap

Cek BPOM

Untuk memastikan produk yang ingin Anda beli sudah mengantongi ijin edar dari BPOM RI tau belum, Anda bisa mencoba cara cek no BPOM kosmetik berikut ini.

Lihat Nomor BPOM pada Kemasan

Cara termudah dan tercepat yang bisa Anda lakukan untuk memastikan produk kosmetik yang Anda gunakan aman adalah dengan melihat nomor BPOM yang tertera pada kemasan. Biasanya nomor BPOM ini akan tercantum pada bagian belakang kemasan dan berdekatan dengan tanggal kadarluasa produk.

Pastikan jika produk tersebut memiliki nomor register BPOM. Pencantuman nomor tersebut membuktikan jika produk sudah melalui tahap uji coba dan lolos menjadi produk aman dan siap pakai.

Jumlah nomor registerasi BPOM sendiri biasanya terdiri dari 2 huruf dan disusul 11 angka. Jika jumlah digit kurang dari 11, maka Anda bisa mencurigai nomor registrasi yang tertera pada kemasan. Terlebih lagi jika tak ada 2 angka pada nomor registrasi yang tercantum.

Cek Nomor BPOM Melalui Website

Seiring perkembangan jaman, hampir setiap perusahaan atau instansi saat ini sudah memiliki website resmi. Dari sini, pelanggan atau user bisa mengakses berbagai informasi bahkan melakukan komunikasi dengan pihak perusahaan/instansi.

Begitu juga dengan BPOM RI yang sudah memiliki website resmi dan bisa Anda manfaatkan untuk cek nomor BPOM. Dari website resmi BPOM ini Anda bahkan bukan hanya bisa mengecek nomor registrasi satu produk, namun semua produk yang sudah terdaftar dalam BPOM.

Anda bisa menuliskan https://cekbpom.pom.go.id untuk mengakses website resmi BPOM RI. Setelah masuk pada laman utamanya, Anda bisa langsung melihat produk-produk yang sudah terdaftar dalam BPOM. Mulai dari produk yang sudah terdaftar tahunan lalu, bulan hingga produk yang baru terdaftar dalam 7 hari terakhir.

Cari Nomor BPOM dari Kosmetik yang Ingin Anda Cek

Nah jika Anda ingin mencari satu produk saja, apakah sudah terdaftar dalam BPOM atau belum, Anda bisa langsung memanfaatkan fitur pencarian pada laman resmi BPOM.

Klik produk kemudian pilih berdasarkan nomor registrasi, nama produk, nama, jumlah & kemasan, bentuk sediaan, komposisi dan nama pendaftar pada kolom Cari.

Selanjutnya isi kolom sesuai dengan kode produk dan klik “Cari”.

Tunggu beberapa saat hingga laman menampilkan produk yang Anda cari. Jika produk kosmetik yang Anda cari memang sudah mengantongi ijin edar dari BPOM, maka nama produk, merk dan nomor registrasinya akan muncul.

Sesuaikan Nomor Registrasi Dengan yang Tertera di Kemasan

Setelah mendapatkan informasi resmi dari website BPOM, Anda bisa langsung mencocokkan nomor registrasi yang tertera pada kemasan produk dan yang ditampilkan pada laman BPOM.

Pastikan jika nama dan susunan digitnya sama persis, sebab perbedaan satu digit saja sudah menunjukkan perbedaan nomor registrasi.

Dari laman ini, Anda bukan hanya bisa mengecek kesesuaian nomor registrasi, nama dan merk produk namun juga beberapa informasi penting lain. Beberapa informasi tersebut antara lain adalah jenis tekstur kosmetik, kemasan, nama produsen, nama pendaftar dan lain sebagainya.

Mudah bukan cara cek BPOM untuk produk kosmetik. Cara cek nomor registrasi BPOM tersebut juga bisa Anda lakukan untuk berbagai produk lain, seperti makanan, obat dan lain sebagainya.

Cukup isi jenis produk dan nomor registrasi produk, kemudian klik “Cari”. Maka produk yang ingin Anda cek akan muncul.

Lalu bagaimana jika produk yang dicari ternyata tidak muncul pada laman BPOM? Ada beberapa kemungkinan, yang pertama adalah adanya kesalahan pengetikan nomor BPOM yang Anda input.

Kedua, produk yang ingin Anda cari memang belum terdaftar BPOM. Jadi kembali lagi, cek secara teliti dan pastikan Anda tak sembarangan menggunakan produk jika ternyata produk tersebut belum terdaftar BPOM.

Cek Produk yang Tidak Mencantumkan Nomor Registrasi BPOM?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika produk tak mencantumkan nomor registrasi BPOM pada kemasan, ada kemungkinan yang terjadi. Untuk jawaban pastinya, Anda bisa langsung cek melalui website BPOM secara detail.

Caranya cukup mudah, Anda bisa pilih kategori produk pada laman utama BPOM RI. Selanjutnya cari gambar dan nama produk. Jika semua produk sudah Anda cek namun ternyata tidak didapati produk yang Anda inginkan, baru bisa dipastikan jika produk tersebut memang belum terdaftar di BPOM.

Lalu bagaimana baiknya, apakah produk tersebut masih bisa digunakan? Sementara testimoni yang diberikan begitu meyakinkan? Tentu saja tidak. Produk yang belum mendapat ijin edar BPOM merupakan produk yang keamananya belum terjamin dan bisa masuk sebagai produk ilegal.

Pentingnya Menggunakan Produk Kosmetik yang Sudah Terdaftar BPOM

Penggunaan kosmetik pada kulit wajah menjadikan produk ini memiliki nilai fungsi tersendiri. Dimana banyak orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk membeli produk kosmetik.

Tujuannya tak lain adalah untuk bisa mendapatkan tampilan wajah yang cantik tanpa harus melakukan operasi plastik atau perawatan ekstrem lainnya. Namun keinginan mendapatkan wajah cantik secara instan juga kerap membuat wanita menjadi kalap mata dan akhirnya memilih produk sembarangan.

Asalkan produk yang digunakan bisa memberikan hasil yang nyata dan cepat, maka wanita akan mudah merasa puas. Tetapi, begitu produk tak lagi digunakan, efek samping mulai bermunculan.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menggunakan produk kosmetik yang telah mengantongi ijin edar dari BPOM RI. Produk yang sudah mengantongi ijin edar BPOM RI memiliki kelebihan seperti:

Telah Lulus Uji Keamanan

Untuk produk seperti kosmetik, uji keamanan produk wajib dilakukan untuk menjamin produk aman digunakan. Terlebih lagi produk ini digunakan pada area wajah, yang mana efek samping pada kulit wajah akan sangat mempengaruhi rasa percaya diri penggunanya.

Proses uji coba keamanan sendiri akan dilakukan dengan berbagai teknik, yang tujuannya untuk memastikan kandungan atau komposisi produk. Apabila komposisi produk sudah sesuai untuk standar kosmetik, maka produk tersebut bisa dikatakan layak edar.

Aman Dari Bahan Kimia

Efek samping yang ditimbulkan ketika produk kosmetik tak lagi digunakan biasanya muncul akibat bahan kimia pada produk tersebut. Seperti merkuri, bahan kimia satu ini memang bisa memberikan hasil yang cepat dan nyata pada wajah.

Namun ketika Anda terlalu lama menggunakan produk kosmetik dengan kandungan merkuri tinggi, tekstur kulit akan jadi sangat tipis. Belum lagi jika Anda memutuskan untuk berhenti menggunakan produk tersebut. Biasanya efek yang akan muncul secara cepat adalah jerawat besar, bopeng atau flek hitam bahkan hingga munculkan kerutan pada wajah.

Banyaknya efek samping dari bahan-bahan kimia tersebut membuat pihak BPOM tak membolehkannya digunakan pada produk kosmetik. Jadi untuk produk yang sudah memiliki ijin edar BPOM, berarti produk tersebut sudah teruji bebas dari bahan kimia berbahaya.

Produsen Jelas

Bagi Anda yang suka belanja online, mungkin kerap menjumpai olshop yang menjual berbagai produk kosmetik. Dalam pemasarannya, tentu produk tersebut dikemas dengan tampilan yang sangat menarik. Ditambah lagi dengan sederet testimoni yang membuat calon pelanggan lebih mudah tertarik.

Sayangnya, meski sudah memperlihatkan testimoni yang cukup banyak, Anda belum tentu bisa mengecek produsen resmi dari produk kosmetik tersebut.

Akan tetapi, jika produk tersebut sudah mengantongi nomor registrasi BPOM, maka produsen produk bisa diketahui dengan mudah. Cukup cek pada laman BPOM RI kemudian cek no BPOM produk. Selanjutnya Anda juga bisa langsung cek nama atau perusahaan produsen.

Ketika Anda mengetahui produsen produk, maka Anda bisa lebih mudah mencari tahu bagaimana track record perusahaan tersebut. Selain itu, jika terjadi suatu hal yang tak diinginkan, Anda juga akan lebih mudah mencari pertanggung jawaban pada pihak perusahaan.

Pentingnya sebuah produk memiliki ijin edar BPOM seakan menjadi tolok ukur untuk memastikan bahwa produk tersebut aman atau tidak digunakan.

Produk yang belum memiliki nomor registrasi BPOM pun akan sangat mudah dicekal dari peredaran, sebab termasuk produk yang membahayakan. Hal ini membuat perusahaan selalu memprioritaskan produknya sudah terdaftar BPOM RI agar aman saat dipasarkan.

Cara Daftar BPOM

Selain mencari tahu bagaimana cara cek no BPOM kosmetik, Anda juga bisa sekaligus mencari tahu bagaimana prosedur daftar BPOM. Penasaran? Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Daftar ke Website BPOM

Langkah pertama adalah dengan daftar ke website remi BPOM RI. Kunjungi laman https://e-bpom.pom.go.id/ lalu lakukan registrasi perusahaan dengan mengikuti panduan yang tertera.

Isi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar. Beberapa data yang dibutuhkan disini adalah data login, data industri, data terkait produk dan beberapa lainnya.

Selain mengisi data tersebut, Anda juga wajib mengupload PSB yang sudah dimiliki serta beberapa dokumen yang diminta. Pastikan semua data terisi dan dokumen terupload lengkap.

Jika semua sudah oke, langsung submite dan dan tunggu beberapa saat hingga proses di approve oleh Badan POM.

Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Setelah melakukan pendaftaran awal melalui website resmi BPOM, selanjutnya Anda perlu mempersiapkan beberapa dokumen penting yang dibutuhkan. Dokumen-dokumen tersebut merupakan surat pernyataan dan juga surat permohonan registrasi nomor BPOM.

Berikut adalah daftar dokumen yang dibutuhkan:

  • Nama perusahaan, alamat lengkap, kode pos, nomor telepon kantor/pemilik, jenis usaha, Nomor Ijin Usaha, API (Angka Pengenal Impor), alamat NPWP, alamat gudang dan juga nomor telepon gudang.
  • SIUP
  • Surat Pernyataan Tanggung Jawab
  • HS Code
  • Surat Perjanjian Akta
  • Surat Ijin Apoteker atau SIK

Beberapa dokumen seperti surat pernyataan harus dibuat dengan mencantumkan nama, alamat serta jabatan Anda pada perusahaan kosmetik milik Anda. Pernyataan data tersebut penting dilakukan untuk memastikan tanggung jawab dari pihak pemilik.

Sementara untuk Surat Ijin Apoteker hanya diwajibkan untuk perusahaan yang merupakan importir kosmetik. Sedangkan untuk perusahaan yang memproduksi kosmetik sendiri tidak diwajibkan menyertakan Surat Ijin Apoteker.

Surat tersebut wajib disertakan karena untuk produk kosmetik ada beberapa perbedaan administrasi. Seperti untuk produk kosmetik lokal dan juga produk import.

Pengurusan Kosmetik Lokal dan Import

Bagi Anda yang ingin mendaftarkan produk lokal, maka Anda juga harus menyertakan dokumen Administrasi dan Pendaftaran seperti hasil uji laboratorium, SIUP atau Izin Prinsip, label berwarna atau hak paten serta sampel minimun 3 pcs.

Kemudian untuk pendaftaran produk kosmetik import, beberapa dokumen pendukung yang harus Anda siapkan antara lain adalah keterangan komposisi dan spesifikasi, kopian SIUP atau API-U dari perusahaan produsen, hasil uji laboratorium, label berwarna serta sampel minimal 3 pcs.

Selanjutnya pengurusan untuk distributor produk kosmetik dalam negeri, dokumen yang harus disertakan antara lain adalah surat kontrak atau surat perjanjian antara pemberi kontrak dan penerima kontrak, ijin industri penerima kontrak serta ijin industri pemberi kontrak.

Semua dokumen pendukung tersebut wajib diserahkan pada BPOM RI bersamaan dengan dokumen utama yang harus dicantumkan. Jika seluruh dokumen yang dibutuhkan sudah tersedia, proses registrasi akan dilakukan lebih cepat. Namun jika Anda belum menyertakan salah satu dokumen yang wajib diserahkan, maka proses registrasi tak akan dilakukan oleh pihak BPOM.

Hal ini berkaitan dengan ketentuan keamanan dan jaminan kualitas produk yang diajukan. Sehingga ketika ijin edar BPOM sudah dikeluarkan, produk kosmetik tersebut sudah benar-benar aman dan siap digunakan masyarakat.

Nantinya, ijin edar BPOM tersebut harus diperpanjang dalam jangka waktu tertentu. Anda pun perlu mengeluarkan biaya perpanjangan biaya BPOM secara berkala untuk memastikan produk Anda tetap termasuk produk legal di pasaran.

Bagaimana, mudah bukan cara cek no BPOM dan daftar BPOM untuk produk kecantikan? Setiap langkah di atas bisa Anda lakukan secara runtut sehingga informasi yang Anda cari bisa didapatkan secara detail. Begitu juga untuk proses daftar BPOM, yang harus dilakukan sesuai prosedur agar proses berjalan lancar dan cepat.

Jadi, mulailah lebih jeli memperhatikan nomor registrasi BPOM pada setiap produk untuk menjamin keamanannya ketika dipakai.