Selasa, 25 Juli 2017

Tips Mencuci Baju Bayi

Tips Mencuci Baju Bayi-Kulit bayi lebih sensitif daripada kulit orang dewasa, oleh karena itu jangan hanya memperhatikan kualitas bahan pakaian saja, tapi juga perlu mengetahui dengan benar cara mencuci dan merawat pakaian si kecil. Selain harus bersih, bahan pencucinya pun harus ramah bagi kulit bayi. Dengan demikian iritasi kulit dan eksim pada bayi bisa dicegah.

Tips Mencuci Baju Bayi


Berikut tips bagaimana cara yang baik untuk mencuci pakaian bayi :

Membaca petunjuk pencucian

Hal yang sering luput dari perhatian adalah membaca petunjuk pencucian pada pakaian, termasuk pada pakaian bayi. Agar pakaian bayi tidak rusak atau menyusut, bacalah petunjuk cara pencucian yang tertera pada pakaian. Jangan hanya dibaca, pastikan juga mencuci sesuai dengan petunjuk tadi.

Deterjen yang aman untuk bayi

Gunakan deterjen yang aman bagi bayi. Pastikan deterjen yang digunakan untuk mencuci pakaian bayi bebas pemutih, pewarna, pewangi, dan sabun yang dapat menimbulkan iritasi pada bayi.

Hindari pelembut pakaian

Jangan menggunakan pelembut pakaian ketika mencuci pakaian bayi. Pelembut menetap pada bahan pakaian meskipun cucian sudah dibilas.

Memisahkan pakaian berwarna dan pakaian kotor

Memilah pakaian bayi ketika hendak mencuci tidak hanya sebatas memisahkan antara cucian yang berwarna terang dengan yang gelap. Tetapi juga perlu memisahkan cucian yang terkena noda makanan bayi dan noda kotoran bayi. Cloth diaper juga harus dipisah ketika dicuci. Ini untuk menghindari bakteri menyebar ke cucian yang lainnya.

Pembilasan yang benar

Suhu air dan proses pembilasan penting dalam mencuci pakaian bayi. Bakteri dan jamur dapat membahayakan bayi, dan air dingin mencegah munculnya kedua hal tadi. Gunakan pilihan pencucian dengan air dingin pada mesin cuci, dan pastikan deterjen sudah terbilas secara menyeluruh dari pakaian bayi. Lakukan proses bilas yang lebih banyak daripada saat mencuci pakaian biasa.

Pisahkan pakaian bernoda

Pastinya pakaian yang terkena noda dan cloth diaper harus melalui proses pencucian ekstra. Bilas dengan menggunakan air dingin terlebih dahulu, kemudian cuci dengan menggunakan air panas, baru kemudian kembali dibilas dengan menggunakan air dingin.

Cara penjemuran yang benar

Ancaman jamur pada pakaian tidak berhenti pada proses pencucian. Karena itu Ibu harus memastikan pakaian bayi sudah benar-benar kering sebelum kemudian dilipat dan disimpan di dalam lemari.

Mencuci pakaian baru sebelum digunakan

Satu hal yang juga penting adalah untuk selalu mencuci Senyum Ceria Bayi Sehat bersama Ougi Detergent pakaian baru sebelum dipakai oleh si buah hati. Baju dari toko biasanya mengandung berbagai bahan kimia anti-jamur dan anti-bakteri.

Demikianlah artikel mengenai tips mencuci baju bayi, semoga bermanfaat dan selamat memperaktekan.

0 komentar

Posting Komentar