Kamis, 15 Juni 2017

Pentingnya Pameran Bagi Pelaku UMKM

Pentingnya Pameran Bagi Pelaku UMKM Pameran sudah tak asing lagi bagi kalangan UMKM. Bahkan di kota-kota besar, kegiatan pameran UKM, eksibisi, atau expo bahkan hampir diselenggarakan setiap hari. Kebanyakan adalah pameran bisnis, termasuk salah satunya adalah pameran UKM.

Sampai saat ini, pameran merupakan salah satu bentuk strategi pemasaran yang cukup efektif untuk menjaring banyak konsumen. Pameran Bisnis UKM ada yang bersifat tematik, artinya hanya untuk satu jenis atau beberapa jenis usaha yang terkait secara langsung. Namun ada pula yang campuran dari berbagai macam jenis usaha.


Pentingnya Pameran Bagi Pelaku UMKM


UMKM sebagai unit bisnis tentunya jangan menyia-nyiakan kesempatan untuk mengikuti berbagai pameran. Seringkali pameran untuk UMKM difasilitasi oleh pihak ketiga, sebut saja seperti lembaga perbankan, pemerintah melalui dinas terkait, atau beberapa perusahaan besar melalui program CSR (Corporate Social Resposibility) yang mereka miliki. Namun, ada juga yang tidak disponsori oleh pihak ketiga, oleh karena itu pelaku bisnis UMKM harus memperhitungkan biaya Manfaat Penyusunan Laporan Keuangan Bagi UKM  yang harus dikeluarkan untuk menyewa booth atau stand dalam kegiatan pameran.

Manfaat Pameran UKM


Keuntungan bagi UMKM ketika mengikuti pameran tentunya banyak sekali. Berikut 3 manfaat dari keikutsertaan UMKM dalam kegiatan pameran, eksibisi, ataupun expo.

1. Pengenalan Usaha dan Produk UMKM


Bagi usaha pemula, pameran merupakan sarana pemasaran yang tepat untuk memperkenalkan produk serta mempromosikannya. Tidak hanya tentang produknya saja, profil usaha juga penting untuk diedukasikan kepada masyarakat, dalam hal ini adalah pengunjung. Citra pengusaha yang baik juga menentukan ketertarikan dan juga loyalitas konsumen pada sebuah produk.

Banyaknya orang yang berlalu-lalang di dalam pameran jangan hanya dibiarkan berlalu begitu saja. Buat mereka tertarik mengunjungi stand Anda lalu berikan sedikit presentasi tentang produk yang Anda miliki. Presentasi bisa berupa penjelasan melalui percakapan langsung maupun pemberian brosur dan leaflet.

2. Survey Pasar

Survey pasar ini terkait dengan seberapa besar peluang diterimanya produk Anda di benak konsumen. Hal ini bisa dilihat dari seberapa banyak pengunjung yang mendatangi stand Anda. Meski tidak mencerminkan keseluruhan pasar, setidaknya bisa menjadi bahan pertimbangan dan evaluasi bagi usaha Anda. Selain itu, survey pasar dalam pameran ini juga untuk memetakan pesaing. Anda bisa melihat strategi pesaing dalam memasarkan produknya. Sehingga Anda bisa melakukan evaluasi pada usaha Anda dan mengembangkan strategi yang lebih jitu.

3. Peluang Membangun Kerjasama Bisnis

Pengunjung yang berada dalam pameran tidak hanya pengunjung yang hanya sekedar iseng datang melihat-lihat pameran saja. Tak sedikit dari mereka sengaja datang ke pameran-pameran untuk mencari rekan bisnis untuk bekerja sama. Mereka bisa jadi adalah investor, pemilik/ perwakilan dari usaha lain yang terkait, supplier, distributor atau orang pemerintahan.Tidak menutup kemungkinan di dalam pameran juga akan terjadi deal tertentu bahkan transaksi ditempat dengan mereka. Jangan sia-siakan juga pengunjung jenis ini. Siapa tahu bisnis Anda menjadi lebih berkembang setelah mengikuti pameran.

Di dalam pameran tersebut, pasti akan ada usaha yang sejenis dengan bisnis yang Anda milliki. Apalagi jika pamerannya sifatnya tematik. Meski bersaing, tak selamanya pesaing adalah pesaing. Anda bisa bekerjasama dengan pesaing. Jika ternyata permintaan tinggi namun kapasitas produksi Anda tidak mampu memenuhi, pesaing bisa diajak bekerjasama untuk memenuhi permintaan tersebut. Tentunya dengan berbagi hal yang saling menguntungkan

Beberapa manfaat mengikuti pameran yang telah dijelaskan di atas tentu hanya sebagian kecil yang bisa didapatkan. Semoga bermanfaat bagi UMKM yang telah memiliki rencana untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih besar lagi.

Jangan ragu untuk mengikuti pameran-pameran karena manfaatnya yang begitu besar. Terlebih jika pameran-pameran tersebut sudah difasilitasi dan disponsori oleh pihak ketiga, seperti pameran umkm daerah. Anda tinggal mempersiapkan amunisi dan memenuhi undangan mereka. Namun apabila berencana mengikuti pameran secara mandiri jangan lupa untuk memperhitungkan biaya yang dikeluarkan dan benefit yang diperoleh Pentingnya Pameran Bagi Pelaku UMKM.

0 komentar

Posting Komentar