Sabtu, 29 April 2017

Cara gadai BPKB Motor

Cara gadai BPKB Motor-Mudah dan cepat, begitu mungkin keuntungan yang kita dapat sewaktu mengikuti proses pencairan dana pinjaman di Pegadaian. Berbanding lurus dengan cara gadai BPKB motor di pegadaian yang simpel, pencairan dana hanya butuh waktu tak lebih dari 15 menit. Oleh karena itu wajar jika banyak orang memilih mengajukan pinjaman dana di Pegadaian dengan BPKB motor sebagai agunan untuk kebutuhan dana mendesak.

Cara gadai BPKB Motor

Ada 4 sistem gadai BPKB motor yang bisa kita pilih di Pegadaian. Yang pertama Sistem Gadai Konvensional Kredit Cepat Aman (KCA), yang kedua Sistem Gadai Syariah (RAHN), yang ketiga Sistem Gadai KREASI, dan yang terakhir Sistem Gadai ARRUM.
 
1. Gadai Konvensional Kredit Cepat Aman (KCA)

Sistem gadai ini bisa diikuti oleh siapa saja yang membutuhkan pinjaman dana untuk kebutuhan konsumtif maupun kebutuhan produktif. Namun untuk sistem ini kita diwajibkan menyerahkan semua surat kendaraan termasuk STNK dan BPKB sekaligus unit motor.
Besar pinjaman mulai dari Rp. 50 ribu dengan jangka waktu pinjaman maksimal 120 hari (4 bulan), dan dapat diperpanjang dengan membayar sewa modal (mengangsur sebagian pinjaman). Sistem gadai BPKB motor ini tidak membutuhkan buku rekening dan pelunasannya bisa sewaktu-waktu.

2. Gadai Syariah (RAHN)

Sistem gadai jaminan BPKB motor ini hampir sama dengan Gadai Konvensional Kredit Cepat Aman. Demikian juga dengan jangka waktu pinjaman dan pelunasannya. Dana pinjaman diberikan dalam bentuk tunai.

3. Gadai KREASI

Gadai KREASI atau pinjaman KREASI merupakan sistem gadai yang khusus untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan usaha. Pinjaman ini menggunakan sistem Fidusia, yaitu sistem pinjaman dengan jaminan BPKB motor tanpa harus menyerahkan unit motor. Dengan demikian motor masih bisa digunakan untuk menjalankan usaha.
Besar pinjaman yang bisa diajukan mulai dari Rp. 3 juta dengan angsuran per-bulan. Dibanding Gadai Konvensional atau Syariah jangka waktu pinjaman Gadai KREASI lebih fleksibel yaitu 12 bulan, 16 bulan, 24 bulan, dan 36 bulan. Pelunasannya bisa sewaktu-waktu.

4. Gadai ARRUM

Sistem Gadai ARRUM sama dengan Gadai KREASI mencakup prosedur pinjaman, jangka waktu pinjaman, serta pelunasannya.

Urutan Cara Gadai BKPB Motor

Sejauh ini PT Pegadaian masih merupakan lembaga terbaik dalam mengatasi masalah pendanaan dengan proses pencairan paling cepat. Barang jaminan atau yang diagunkan dijamin keamanannya karena diasuransikan. Oleh sebab itu kita tidak perlu khawatir barang atau BPKB motor kita hilang atau rusak.

Ada beberapa langkah atau cara gadai BPKB motor di Pegadaian yang harus Anda pahami sekaligus beberapa persyaratan yang dibutuhkan.
  • Anda bisa datang langsung ke Kantor Pegadaian paling dekat dengan tempat tinggal Anda
  • Ambil nomor antrian (jika memang harus antri)
  • Mengisi formulir pengajuan pinjaman atau permintaan kredit sesuai yang Anda butuhkan 
  • Menyerahkan semua persyaratan sesuai jenis pembiayaan yang dikehendaki
Persyaratan pengajuan pinjaman jaminan BPKB motor
  • Membawa KTP, SIM, Paspor, atau identitas asli lainnya
  • Membawa Kartu Keluarga
  • Membawa barang yang dijadikan jaminan (unit motor)
  • Membawa STNK dan BPKB asli
  • Membawa foto copy masing-masing dari surat-surat persyaratan diatas
Pilihan Gadai Sesuai Jenis Usaha

Menggunakan cara Pegadaian Pinjaman Jaminan Gadai BPKB Mobil Motor merupakan solusi paling bijak untuk mengatasi kebutuhan dana yang sifatnya mendesak. Jika kita memiliki usaha yang sudah berkembang selama 1 tahun kita bisa memilih sistem Gadai KREASI dimana kita hanya perlu memberi jaminan BPKB motor dan sudah bisa cair dalam 3 hari.

Namun jika kita tidak memiliki usaha apapun, pilihan satu-satunya yaitu Gadai Konvensional dimana selain BPKB dan STNK kita juga wajib menyerahkan unit motor beserta kuncinya. Untuk sistem ini dana bisa cair dalam 15 menit. 

Nah, itulah Cara gadai BPKB Motor yang bisa admin share. smoga bermanfaat.       

0 komentar

Posting Komentar