Kamis, 05 Mei 2016

Pengaruh Backlink Terhadap SEO

Pengaruh Backlink Terhadap SEO-Backlink sudah menjadi bagian terpenting dalam SEO. Tanpa backlink pondasi SEO website tidak akan kuat. Buat backlink sewajarnya pada website anda. Jangan terlalu berlebihan karena dapat berdampak buruk dan Google akan menilai website anda  sebagai website spam. Beberapa hari lalu saya sempat membahas mengenai Manfaat Blog Dummy Bagi SEO. Jika anda membangun backlink dengan cara seperti itu, akan lebih aman dibandingkan anda membuat banyak backlink di sembarangan website karena akan berdampak pada penurunan rank keyword website di Google bahkan menyebabkan penalty Google.
Bicara masalah SEO pasti tidak akan lupa tentang Backlink. Kalimat tersebut mungkin tidak asing di telinga atau seringnya anda menemukan di berbagai artikel. Sekarang pertanyaannya, apakah anda memahami kalimat tersebut? 
Seo masih merupakan suatu hal yang menjadi populer di dunia internet terutama bagi yang menfokuskan pada hasil penelusuran mesin pencari. Tak heran kita melihat ada sebuah website yang masih baru tapi sudah mempunyai backlink yang mencapai angka seribu, apakah ini memiliki dampak positif terhadap website atau sebaliknya bisa menurunkan peringkat dari hasil penelusuran mesin pencari seperti google dan bing ?

Algoritma mesin pencari terus diperbaharui sesuai dengan perkembangan zaman guna mendapatkan hasil penelusuran terbaik bagi pengguna. Mesin pencari bukanlah manusia yang bisa membedakan mana dengan akal dan pikiran melainkan menggunakan algoritma yang telah ditanamkan guna memberi ranking pada website sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

Apa itu Backlink ?

Inilah yang sering di tanyakan oleh pemula blogger, lalu apakah backlink itu penting buat blog? jawabanya adalah sangat penting. Bahkan sangking pentingnya banyak orang yang rela mengeluarkan uang demi mendapatkannya. Di lain sisi justru banyak blogger yang tidak mempedulikan manfaat dari backlink itu sendiri. Mereka hanya fokus memperbanyak artikel dan mempromosikan blog ke berbagai sosial media.

Pengaruh Backlink Terhadap SEO

Memang tidak ada salahnya berbuat seperti itu , tapi blog itu tetap butuh yang namanya backlink. Jika di ibaratkan sebuah rumah, backlink itu adalah sebagai pondasi rumah . Mengapa demikian ? kerena backlinklah yang membuat posisi blog berdiri kokoh di search engine.

Backlink berasal dari dua kata yaitu back dan link , back artinya kembali atau tautan balik dan link berarti alamat sebuah situs. Jadi backlink adalah sebuah jalinan antara suatu situs dengan situs lain yang berupa umpan balik. Backlink adalah suatu hubungan imbal balik antar situs, hubungan tersebut berupa nama alamat situs. Alamat Situs A terdapat di situs B, begitu pun sebaliknya.

Software backlink juga mempunyai dampak buruk bagi perkembangan SEO website anda. Jika anda memaksakan memberi backlink sesuai anchor text pada website anda, maka website anda pasti akan mengalami problem dan mendapatkan rate buruk dimata Google. Jadi sebaiknya anda berhati-hati dalam membuat backlink pada website anda.

Apakah Backlink masih berpengaruh ?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan sering ditanyakan oleh webmaster karena ingin yang terbaik dan mendapat number one di mesin pencari. Jawaban yang pasti apakah backlink masih berpengaruh terhadap seo hanya google yang mengetahui secara pasti. Namun, dari analisa kami backlink masih merupakan suatu yang memiliki pengaruh terhadap serp untuk tahun 2016 dalam persentase yang kecil. Mengapa persentasenya kecil ? oke.. kita bisa melakukan pengecekan pada suatu kata kunci tertentu, disana bisa dilihat bahwa ada web yang memiliki backlink sangat banyak tetapi berada dibawah posisi web yang hanya memiliki sangat sedikit backlnik.

Seperti contohnya web ini yang pada saat artikel ini dibuat masih memiliki backlink o dan umur web baru 3 -4 hari merupakan umur yang sangat muda bagi sebuah web tanpa ada redirect 301. Ternyata dengan kondisi tersebut juga tidak membuat posisi serp berada jauh dibawah, dengan kata lain masih ada website dengan banyak backlink tetapi berada pada posisi dibawahnya.
Lebih baik tidak memiliki backlink dari pada backlink yang tidak berkualitas
Backlink berkualitas memiliki faktor yang penting terhadap seo, diperlukan suatu seleksi terhadap backlink yang diperoleh agar tidak memberikan dampak negatih terhadap website. Jika anda masih ingin mengkoleksi backlink, maka hindarilah beberapa backlinkdengan kriteria berikut agar tidak memberikan dampak negatif, yaitu :
  1. Backlink yang berasal dari web spam, pornografi
  2. Backlink yang berasal dari blog atau web yang masih baru ( berumur dibawah satu bulan )
  3. Backlink yang berasal dari web yang terlalu banyak memberikan backlink. Sebenarnya tidak salah menggunakan backlink dari web yang banyak memberikan link keluar, namun web tersebut haruslah seimbang antara konten dan backlink. Seperti halnya gooogle yang banyak memberikan backlink, tetapi backlink yang diberikan tersebut memiliki dampak positif
  4. Backlink yang bersal dari web sedikit konten
  5. Backlink yang berasal dari web yang kontennya dibuat secara otomatis ( robot )
Buatlah  sumber backlink anda bervariasi agar kualitas SEO semakin bagus. Dalam mencari BackLink tentunya hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah Niche Blog tersebut. Apakah selaras dengan Niche Blog Anda atau tidak. Jika tidak lebih baik tinggalkan dan cari yang lain (yang seniche) saja. Karena semua Link itu akan tercatat pada Directory milik Google. Namun yang terpenting adalah, jangan sampai mencari BackLink dari Blog yang mempunyai Niche bertentangan dengan TOS Blogger. Selangkapnya bisa Anda baca di Kebijakan Konten Blogger. Untuk mengetahui Niche apa saja yang dilarang oleh mereka (google).

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah Kualitas dari Konten tersebut. Pernyataan ini sebenarnya bukan saya yang bilang, melainkan Matt Cuts sendiri yang mengatakan. Seingat saya, dia mengatakan “ lebih baik 1 BackLink dari 1 Blog dengan konten berkualitas, daripada 1.000 BackLink dari 1.000 Blog dengan konten yang tidak berkualitas ” Patokan dari artikel tersebut bisa / layak dikatakan berkualitas adalah Manfaatnya untuk pengunjung. Matt sendiri menegaskan, “ konten berkualitas itu tidak harus lebih dari 500 Kata, asalkan bermanfaat itu sudah cukup dikatakan konten berkualitas. ”

Hal yang tak kalah penting dari Niche dan Kualitas adalah Umur Blog (domain) tersebut. Jika Umurnya masih seumuran jagung (belum ada 1 bulan) ada baiknya jangan mencari BackLink dari Blog tersebut. Karena Apa ? karena, seharusnya Blog baru itu yang mencari BackLink di Blog kita, dan bukannya kita yang malah mencari BackLink di Blog “jagung” itu.

Keluar dari berbagai Manfaat Baiknya untuk mempengaruhi peringkat Blog di SERP. Ternyata BackLink ini mempunyai Dampak tersembunyi, yaitu Dapat Membuat Anda Ketagihan. Percaya atau tidak, BackLink ini mampu membuat seseorang ketagihan. Ini juga yang menjadi penyebab posisi dari suatu Blog bukannya naik malah “melorot” (over backlink). Dan yang paling parah adalah dimasukkan ke dalam Sandbox oleh Google. Itulah sedikit ulasan mengenai Pengaruh Backlink Terhadap SEO.

1 komentar:

  1. permisi mas,pertanyaannya masih tentang backlink, apakah jika saya menempatkan link blog orang lain ke blog saya maka dampaknya apa ?

    pernah lihat di facebook nama blognya hehehe...
    Terima kasih

    BalasHapus